Edukasi Peserta JKN-KIS, Pemkab -BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Peserta Mengunakan Protocol Kesehatan


Nusaperdana.com, Siak - Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Siak, menyelenggarakan Sosialisasi Pemutakhiran Data Peserta JKN-KIS bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, yang di selenggarakan secara langsung dan pelaksanaannya sesuai protokol kesehatan, bertempat di Raja Indra Pahlawan Room, Lt II Kantor Bupati Siak, Kamis (16/7/2020)

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), ialah Program Jaminan Sosial yang di selenggarakan secara Nasional berdasarkan prinsip asuransi dan ekuitas, dengan tujuan untuk menjamin peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan, dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Program JKN-KIS sebagai wujud kehadiran negara kepada rakyatnya, pun demikian halnya Pemerintah Kabupaten Siak mendukung penuh Program peningkatan derajat kesehatan masyarakat ini, salah satunya melalui Sosialisasi Pemutakhiran Data Peserta JKN-KIS bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2020, yang saat ini tengah berlangsung.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin dalam sambutannya menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi JKN-KIS bagi ASN Pemerintah Kabupaten Siak ini.

"Kegiatan sosialisasi JKN-KIS ini bermaksud untuk memberikan edukasi secara terperinci mngenai program Jaminan Kesehatan Nasional, dalam upaya menjamin kebutuhan dasar kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Siak yang saat ini di khususkan bagi ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak", jelasnya.

Jamaluddin berharap, agar para ASN yang mngikuti sosialisasi ini nantinya dapat memahami akan hak dan kewajiban, sebagai peserta program BPJS Kesehatan dan dapat mengedukasi masyarakat luas.

"Saya juga berharap nantinya para ASN yang juga sebagai pekerja penerima upah, yang mengikuti sosialisasi ini dapat memahami akan hak dan kewajiban sebagai peserga JKN. Sehingga dapat membantu memberikan edukasi kepada masyarakat luas, sebab peran ASN termasuk memberikan contoh bagi masyarakat", harap Jamaluddin.

Lanjutnya, sosialisasi ini juga sebagai upaya kami, Pemerintah Kabupaten Siak dalam menjamin kesehatan bagi masyarakat. tentu kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan BPJS Kesehatan tidak sebatas sosialisasi, namun akan terus melakukan berbagai upaya konkrit dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berupa kesehatan.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Siak Rina Elfita Purba menyampaikan pentingnya dilakukan sosialisasi bagi masyarakat tentang program BPJS Kesehatan, yang merupakan Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat.

"Saya ucapkan terimakasih telah memberikan waktu dan kesempatan kepada kami untuk mensosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional kepada masyarakat Kabupaten Siak, yang saat ini di khususkan bagi ASN, ini sangat penting sebab ASN sebagai yang terdepan dalam menjalankan program pemerintah termasuk program BPJS Kesehatan ini", terangnya.

Elfita juga menyebutkan bahwa sosialisasi ini dalam upaya perbaikan layanan BPJS kesehatan kepada masyarakat.

"Kami berharap,dalam sosialisasi ini juga sebagai wadah aspirasi yang sifatnya membangun, dalam upaya perbaikan layanan BPJS Kesehatan, khususnya kepada masyarakat Kabupaten Siak", kata Elfita.

Elfita melanjutkan, dalam sosialisasi ini nantinya juga akan menjelaskan program baru BPJS Kesehatan berupa Kartu Indonesia Sehat KIS) dan aplikasi JKN.

"Kartu Indonesia Sehat (KIS) nantinya untuk mengganti kartu askes,terutama bagi bapak dan ibu Aparatur Sipil Negara yang masih menggunakan kartu askes lama, untuk dapat mendaftar kembali dengan membawa foto copy SK,Kartu Keluarga,KTP,dan Akta Lahir anak", jelasnya.

Tambahnya, untuk Aplikasi JKN dapat di instal melalui play store, sehingga masyarakat luas hingga ke pelosok kampung dapat memahami program Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan upaya pemerintah dalam memberikan layanan dan menjamin kesehatan bagi seluruh warga masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini juga di hadiri oleh Kepala OPD, pejabat eselon III dan IV serta ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak. (Doni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar