Festival Budaya Mandi Safar Tahun 2022 Kecamatan Rupat Utara

Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wabup Bagus Santoso buka Acara Mandi Safar di Pantai Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara

Nusaperdana.com,Rupat Utara - Bupati Bengkalis Kasmarni buka secara resmi acara Festival Mandi Safar Tahun 2022, di Pantai Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Rabu (21/09) pagi. 

Acara dihadiri, Gubenur Riau diwakili Kadis Pariwisata Riau, Wakil Bupati Bagus Santoso, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial ST, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik YH, Kadisbudparpora Edi Sakurai, Sejumlah Kepala OPD, DPH LAMR Bengkalis, Camat Rupat Utara Afrizal, Camat Rupat Aulia Army Effendy. 

"Pelaksanaan Mandi Safar yang digelar di Pantai Lapin tiap tahunnya, diharapkan menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, dalam mempromosikan budaya dan pariwisata di Rupat Utara,"ucap Bupati Bengkalis Kasmarni membuka festival Mandi Safar. 

Dikatakan Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Bengkalis ini, selain melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur, ritual mandi safar juga diyakini sebagai salah satu cara mempromosikan usaha dan mengangkat perekonomian masyarakat lokal.

"Apresiasi kepada tokoh masyarakat di Rupat Utara yang memiliki komitmen kuat untuk terus melestarikan budaya mandi safar. Dan wujud nyata kepedulian kami untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal, kegiatan ritual tolak bala ini telah kami masukan kedalam agenda tahunan, guna mendukung industri kepariwisataan di Rupat Utara,"ungkap Kasmarni berkomitmen untuk terus membenahi berbagai sarana dan prasarana di daerah yang berbatasan dengan Selat Malaka ini. 

Sementara itu Kadisbudparpora Bengkalis Edi Sakura MP.d menyampaikan bahwa pihaknya terus memoles pantai Lapin agar lebih baik, sehingga nantinya menjadi daya tarik pengunjung.

"Dengan anggaran 20 miliar Tahun ini akan dibangun taman bermain anak-anak, logo teks pantai Lapin, sarana parkir dan lainnya," ucap Mantan Kadisdik Bengkalis ini dalam laporannya. 

Meski sempat diguyur hujan rangkaian acara Festival Mandi Safar Tahun 2022, di Pantai Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara berjalan lancar hingga akhir acara.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar