Forum Kades Kuansing Gelar Rakor dan Sosialisasi bersama Forkades Kuantan Tengah


Nusaperdana.com, Kuansing - Forum Kepala Desa Kabupaten Kuansing gelar Rapat koordinasi dan sosialisasi bersama Forkades kecamatan Kuantan Tengah dengan peserta seluruh Kepala Desa di Kecamatan Kuantan Tengah beserta BPD bertempat di ruang balai adat kantor camat kecamatan kuantan tengah, Kamis (02/07/2020) di Taluk Kuantan.

Kasi Intel Kejaksaan Negri Taluk Kuantan Kicky sebagai nara sumber dalam kegiatan ini mengatakan bahwa Kejaksaan Negeri Taluk kuantan  dengan tema Jaga Desa, yang sudah kita bina dari tahun lalu dan ini juga tahun kedua dimana kita melakukan nota kesepahaman antara kejaksaan dengan dengan Pemkab Kuansing dan Forkades Kabupaten Kuansing.

" Kita pleningkan kedepanya akan menjadikan desa binaan yang bisa menjadi desa percontohan bagi desa desa lain, tentunya desa binaan ini mempunyai kiteria tolak ukur penilaian yang melibatkan Inspetorat yang tentunya syarat simpel perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik, pengelola keuangan yang baik yang tentunya  yang dijadikan acuan untuk kita agar nantinya melahirkan desa binaan yang bisa menjadi percontohan, jelas Kicky.

Program pemerintah yang mengharuskan adanya desa mandiri yang bertujuan untuk menguranggi kemiskinan didesa seperti melalui Bumdes yang akan membantu penopang perekonomian masyarakat desa, 

" Disini kita tekankan kepada Kepala desa  agar adanya komunikasi yang baik antara kepala desa, perangkat dan tentunya dengan BPD harus ada singkronisasi diantaranya dan harus saling bersinergi untuk kemajuan desanya," pungkas Kicky.

Ditempat yang sama, Camat Kuantan tengah Agus Siswanto sangat mengapresiasi program dari Kejaksaan dan Forkades Kabupaten Kuansing ini dan sangat mendukung dengan adanya kerjasama antara desa dengan pihak Kejaksaan Negeri Taluk Kuantan.

" Tentunya dengan adanya desa binaan  kita berharap menjadi sekolah bagi desa- desa lainya untuk sehingga menyampaikan bagaimana pemerintah desa tidak hanya wacana semata dan diharapkan ada desa lainya menyusul," kata Agus.

Terakhir Agus menambahkan bahwa di Kecamatan Kuantan Tengah saat ini sudah terbentuk Forum BPD,  dan diharapkan kepada forum kepala desa dan forum ketua BPD untuk saling bersinergi didalam proses penyelenggaraan pemerintah desa untuk menyamakan presepsi di lapangan.

Sementara itu, Ketua Forum Kepala Desa Salahudin. SE juga mengatakan  berkomitmen untuk terus mengadakan penguatan dari 15 kecamatan 218 desa dengan terus melaksanakan kegiatan seperti ini.

Materi yang disampaikan oleh narasumber tadi culup efektif dengan komunikasi seperti ini, mudah-mudahan dengan kegiatan di semua dikecamatan berharap Zero temuan pada tahun 2020 ini. 

" Jika nantinya ada temuan secara cepat akan kita tindak lanjuti agar bisa diselesaikan dengan catatan murni kesalahan, dengan alasan tidak ada niat untuk berbuat salah apalagi korupsi dalam pengelolaan keuangan desa," ujar Ketua Forkades yang terkenal ramah ini.

Terakhir Solah sapaan akrabnya menyampaikan Forkades Kabupaten Kuansing dengan pengurus desa dari kecamatan selalu bersinergi dan selalu berkoordinasi. "Karena kita targetkan kedepan dalam dua bulan kegiatan yang i bekerjasama dengan Kejaksaan, Dinas Sosial, Inspretorat, Tenaga Ahli P3MD, dan Pemerintahan Kecamatan ini akan selesai," tutupnya. (imro)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar