Gelar Bakti Kesehatan, Personil Polres Tana Toraja Aksi Donor Darah Demi Kemanusiaan


Nusaperdana.com, Tana Toraja - Bakti Kesehatan dalam bentuk Aksi Donor Darah dalam rangka Bakti Polri Demi Kemanusiaan di tengah pandemi corona digelar Personil Polres Tana Toraja, Sabtu (18/4/2020).

Sebagaimana diketahui bersama, ribuan orang di Indonesia telah terjangkit virus corona yang sedang dalam perawatan medis di berbagai rumah sakit rujukan, dan tentunya aliran donor darah pun sangat dibutuhkan untuk mendukung perawatan dari para pasien covid.

Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM, bersama jajaran personilnya pun turut memberikan bantuan kemanusiaan melalui aksi donor darah, yang nantinya akan digunakan pada pasien yang membutuhkan.

Sebagai pelaksana kegiatan Paurkes Polres Tana Toraja, Desy Dudung, sebutkan pelaksanaan donor darah dijadwalkan berlangsung dari tanggal 18 hingga 24 April 2020.

"Hari ini (18/4), Kapolres Tana Toraja awali dengan lakukan donor darah di ruang Unit Transfusi Darah RSUD Lakipadada, yang kemudian di ikuti oleh para perwira PJU Polres Tator, bertujuan sebagai pemenuhan stok darah," kata Desy Dudung.

Menyikapi soal tenggat waktu seminggu pelaksanaan donor darah, Desy Dudung mengatakan penetapan tenggat waktu tersebut merupakan penjabaran dari physical distancing.

"Penetapan jadwal kegiatan donor darah selama seminggu adalah untuk menghindari berkumpulnya pendonor, meskipun kegiatan ini adalah kegiatan kemanusiaan dalam rangka membantu saudara saudara kita yang membutuhkan donor darah, kita tetap harus patuh pada physical distancing sesuai dengan Himbauan Pemerintah dan Maklumat Kapolri," jelasnya.

Sebelum pelaksanaan donor darah, tambah Desy Dudung, terlebih dahulu dilaksanakan protocol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu badan, penggunaan masker dan pengaturan jarak saat pengambilan darah.

Sementara itu Kapolres Tana Toraja mengungkapkan harapannya, "Semoga dengan adanya kegiatan bhakti sosial donor ini dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang  membutuhkan darah, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi kemanusiaan".

Liliek Tribhawono mengajak kepada semua pihak untuk saling mendukung, saling membantu, dan saling bahu membahu dalam menghadapi pandemi Corona.

"Ribuan orang saat ini sangat membutuhkan bantuan, maka inilah saatnya kita ulurkan segala daya dan upaya demi kemanusiaan, kalau bukan kita maka siapa lagi, untuk itu mari kita bersama sama bahu membahu bantu saudara saudara kita, dan kita pun harus yakin bahwa kita mampu melawan pandemi Corona," pungkasnya. (Hms/Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar