Gelar Ops Rutin Satlantas Polres Bengkalis Ingatkan Keselamatan bagi Pengendara


Nusaperdana.com, Bhatin Solapan - Selain menertibkan kelengkapan surat- surat kendaraan dan Memastikan Surat izin bagi Pengendara Sepeda Motor Maupun Roda Empat , Satlantas Polres Bengkalis  , sampai poin- poin penting  tetang keselamatan di Opsnal Rutin dijalan lintas Duri- Dumai Desa Balai Makam , kecamatan Bhatin solapan, Rabu ( 11/03/2020) sekitar Pukul 09.00 WIB.

Hal ini sengaja disampaikan untuk memberikan pemahaman dan mengingatkan  kepada, Masyarakat penting Opsnal Rutin untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Seperti hal nya untuk pengendara Roda dua atau sepeda Motor , contoh Penggunaan Helm yang mempunyai multi fungsi selain untuk melindungi kepada dari benturan jika terjatuh atau lakalantas, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari abu atau binatang kecil yang dapat menganggu pandangan saat berkendaraan. 

Sementara itu untuk pengemudi Roda empat atau Mobil diwajibkan memakai sefty belt pada saat berkendaraan , guna untuk melindungi pengemudi pada saat terjadi benturan atau menghindari kecelakaan yang patal saat terjadi lakalantas.

Ditambah kendaraan juga harus memiliki identitas atau yang akrab disebut STNK ( surat tanda Nomor Kendaraan) jika tidak memiliki identitas patut di curigai apakah kendala tersebut curian atau barang gelap, dan yang lebih diutamakan pajak kendaraan harus dibayar ke pemerintah bak pepatah " Warga Bijak Taat Pajak" 

Demikian juga masyarakat jika hendak mengendarai kendaraan diwajibkan memiliki surat izin mengemudi (SIM) , mengapa harus memiliki Sim ,karna untuk pengendara agar lebih tahu tata tertib berlalu lintas dan memahami Rambu-rambu jalan saat berkendaraan.

Begitu juga hal-hal kecil yang sering diabaikan Pengendara pada kendaraan, seperti kaca spion, tutup pentil ban, lampu , dan sain, jika ini tidak diperhatikan dalam kendaraan bisa menjadi sesuatu yang patal bagi kendaraan.

Seperti tidak memiliki kaca spion ini akan sangat mengangu pada saat pengendara hendak berbelok atau berbalik arah dan tentunya berepek ke Pengendara lainnya yang ada di belakang nya.

Dan juga tutup pentil ban, lampu besar dan sain ini hal kecil yang paling sering diabaikan padahal fungsinya sangat besar untuk keselamatan pengendara pada saat berkendaraan.

"Harapan kita kiranya masyarakat khususnya Pengendara sadar akan aturan berkendara, sekiranya kami tilang pun itu semua hanya untuk keselamatan masyarakat semata-mata, dan sekaligus untuk mengingatkan masyarakat untuk taat aturan" kata kanit Lakalantas IPTU Edwi mewakili kasat lantas AKP Hairul Hidayat SIK, saat dikonfirmasi awak media.

Edwi juga menambahkan bahwa selain sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan masyarakat selaku Pengendara, giat rutin ini juga bertujuan untuk menekan angka Lakalantas serta kejahatan lalulintas seperti Ranmor , curas ,curat dan yang lainnya. (putra)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar