Hebat, SDN 3 Rantepao Sukses Torehkan Prestasi Akademik dan Non Akademik


Nusaperdana.com, Toraja Utara - UPT SD Negeri 3 Rantepao di bawah kepemimpinan Marthen S Pairunan S.Pd kini tengah menggalakkan pembinaan karakter peserta didik terutama dalam hal kedisiplinan, baik dari guru, pegawai maupun kedisiplinan peserta didik.

Menurutnya, untuk mencapai semua itu, pertama-tama yang dilakukan yakni meningkatkan pembinaan kepada guru dan pegawai.

Kedua, selalu berkomunikasi dengan stakeholder sekolah dan instansi terkait.

Ketiga, memperhatikan bagaimana guru dan pegawai melaksanakan tugas dalam hal ini etos kerjanya ditingkatkan.

Keempat, memberi kesempatan pada guru untuk meningkatkan mutu pada dirinya dalam melaksanakan kegiatan KKG, seminar-seminar, dan lain sebagainya.

Dari 1030 siswa yang ada saat ini, Kata Marthen, pembinaan karakter guru pendidik dan pegawai sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN 3 Rantepao. 

"Dari jumlah siswa yang mencapai ribuan, waktu pembelajaran dibagi menjadi dua shift yakni shift pagi dan shift siang berhubung rombongan belajar (Rombel) yang tidak memadai. 17 rombel yang beroperasi sementara jumlah rombel untuk keseluruhan yaitu 34 rombel jadi tidak memadai," ungkapnya, Senin (17/2/2020) di Kantor SDN 3 Rantepao.

Lanjutnya, terkait dengan pengembangan sekolah di SDN 3 Rantepao, begitu banyak yang perlu dibenahi utamanya pada penataan lingkungan sekolah seperti mobiler yang berusia 10 tahunan lebih yang kebanyakan telah rusak.

Kendati baru setahun lebih memangku jabatan Kepala UPT SDN 3 Rantepao, dari segi torehan prestasi, dirinya sukses membawa siswa-siswi sekolah tersebut meraih prestasi di bidang akademik dan non akademik.

Dibeberkan, prestasi non akademik pada perayaan HUT kemerdekaan RI 2019 lalu yang diraih yakni Juara I Lomba Drum band tingkat Kecamatan dan Juara II tingkat kabupaten, Juara I lomba gerak jalan Putra dan Putri tingkat Kecamatan dan Juara I tingkat Kabupaten.

Untuk prestasi akademik, SDN 3 Rantepao sukses 100 persen menamatkan siswanya pada tahun 2018 dan 2019 lalu.

Martina Sarmud S.Pd, Salah seorang guru pendidik menambahkan, Tahun 2020 ini pada pekan lalu, siswa sekolah ini kembali meraih juara I, II,  III dan juara harapan dalam lomba mewarnai Hilo School.

Olehnya itu menjadi suatu kesyukuran dan kebanggaan tersendiri bagi seluruh stakeholder sekolah dengan harapan prestasi tersebut bisa ditingkatkan lagi. (Arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar