Hj Ellya Rosa Siregar : Bumdes Harus Menjadi Lokomotif Desa

Hj Ellya Rosa Siregar : Bumdes Harus Menjadi Lokomotif Desa

Nusaperdana.com, Labuhanbatu - Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar SPd, MM berharap Bumdes / Bumdesma harus mampu menjadi lokomotif desa atau penggerak dan pengembangan  perekonomian masyarakat desa untuk mewujudkan kemandirian desa, sehingga kedepan pengelolaan Bumdes /bumdesma harus diperbaiki sehingga Bumdes menjadi sehat, untuk itu perlu dilakukan  upaya peningkatan kualitas manejemen pelaksana operasional Bumdes /Bumdesma khususnya pada aspek pengelolaan keuangan Bumdes / Bumdesma.

Hal itu disampaikan Wabup saat lounching Rumah kolaborasi, Pendampingan Bumdes dan Aplikasi Laporan Keuangan Bumdes / Bumdesma di AULA Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Senin (17/7).

Wabup mengatakan, terkait hal itu Dinas PMD Labuhanbatu telah menyusun dan membuat aplikasi laporan keuangan secara online, sehingga kedepan pelaksanaan operasional Bumdes / Bumdesma wajib menggunakan dan memberikan laporan keuangan Bumdes / Bumdesma secara online setiap bulannya kepada kepala Desa sebagai penasihat sekaligus pemilik saham Bumdes / Bumdesma.

Selanjutnya Kepala Desa memberikan laporan keuangan tersebut kepada Camat dan Kadis PMD Kabupaten Labuhanbatu.

"Setelah Kepala Desa menerima Laporan dari Bumdes ,/ Bumdesma, selanjutnya Kepala Desa melanjutkan laporannya kepada Camat dan Kadis PMD" jelas Wabup Hj Ellya Rosa Siregar.

Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan Bumdes / Bumdesma secara online, Wabup mengharapkan pengelolaan keuangan Bumdes / Bumdesma dapat terlaksana dengan tertib. Sebab dengan menggunakan aplikasi online tersebut pemasukan dan pengeluaran keuangan Bumdes / Bumdesma terekam atau tercatat dengan baik karena disertai bukti kwitansi pengeluaran.

Tak lupa Wabup menjelaskan melalui rumah kolaborasi dapat menjadi tempat para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder lainya seperti Bank BTN dan rumah kreatif dan lain  lainnya berkumpul memberikan saran, masukan, ide, pemikiran dan masukan untuk kemajuan Bumdes / Bumdesma di Kabupaten Labuhanbatu.

Untuk itu Wabup meminta semua pihak yang bergabung dalam rumah kolaborasi terutama para OPD agar aktif dalam rumah kolaborasi, Wabup mengajak untuk aktif dan menyerukan Bolo Desa di Labuhanbatu.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan  mengatakan kegiatan lounching rumah Kolaborasi tersebut bertujuan agar pengelolaan keuangan Bumdes / Bumdesma di Kabupaten Labuhanbatu ke depannya semakin baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili para OPD, Inspektorat, para Kepala Desa, Rumah Kreatif Labuhanbatu, Bank BTN dan undangan lainnya.(H Ucok Tandjung).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar