Inovasi di Tengah Pandemi, Madu Sarang: Baik Bagi Kesehatan dan Menjadi Tambahan Pendapatan

Madu Sarang

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Di masa pandemi Covid-19, asupan vitamin begitu dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat diyakini akan mampu mengurangi resiko terinfeksi Covid-19.

Salah satu sumber vitamin yang dapat dikonsumsi berasal dari madu. Tak hanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, madu asli juga memiliki beragam khasiat lainnya bagi kesehatan, seperti mencegah diabetes, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan dan masih banyak lagi.

Disamping mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan, tak jarang juga madu dijadikan pengganti gula dalam olahan makanan dan minuman. Sebab, rasanya yang manis dianggap sebagai pemanis alami tanpa proses fermentasi.

Keinginan untuk mendapatkan sejumlah khasiat dan kenikmatan dari madu asli membuat redaksi Nusaperdana.com pun mendatangi salah seorang teman yang bergelut dalam bisnis penjualan madu.

Dia adalah Nur Annisa, Owner 'Roemah Madu NR' di Tembilahan yang menyediakan madu asli. Bahkan wanita yang akrab disapa Nisa itu, menjual madu asli dengan banyak varian. Nisa menggeluti bisnis ini sejak 2 tahun terakhir. Dia mengaku melihat adanya peluang untuk penjualan madu tidak hanya di Tembilahan, namun Kabupaten Indragiri Hilir secara luas.

"Apalagi, kami punya macam-macam varian. Peluang kelihatannya semakin terbuka," tukas Nisa.

Setibanya di lokasi, kami pun bertemu dengan Nisa. Dia membawa madu yang dikemas dalam sebuah botol berwarna putih dan meminta kami untuk mencicipinya. Kami pun mencobanya.

Sangat manis. Itu yang kami rasakan saat pertama kali mencicipi madu yang diberikan. Tekstur kental dan tidak lengket dari madu juga begitu terasa. Berbeda dengan madu oplosan yang agak lengket karena mengandung pemanis dan bahan tambahan.

Tak cukup sampai disitu, kami meminta wanita muda itu menyajikan produk madu lainnya untuk dicicip. Dia pun mengeluarkan salah satu produk andalannya, yakni ''madu sarang".

"Madu sarang ini merupakan sarang madu. Manfaatnya banyak. Gizinya juga banyak. Sarang madu sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Ini lebahnya bukan dari hutan, tapi lebah yang diternak petani madu," kata Nisa.

Lelehan madu manis nan legit jadi daya tarik tersendiri dari sarang madu yang kami makan. Sarang madu ini sempat viral di media sosial sebagai bahan makanan mukbang. 

"Gula alami yang terkandung dalam sarang madu inilah yang dapat dimanfaatkan tubuh sebagai asupan penambah energi terutama untuk otak," jelas Nisa.

Sedikitnya, dikatakan Nisa, sarang madu dalam kemasan "Madu Sarang" diketahui mempunyai 6 (enam) manfaat bagi kesehatan, yakni mempercepat penyembuhan luka, menurunkan kolesterol jahat, melindungi fungsi hati, membantu proses metabolisme glukosa, menjaga kesehatan mulut dan mengobati peradangan akibat bakteri atau virus.

Selanjutnya, Nisa mengeluarkan satu produk andalan 'Roemah Madu' lainnya, yaitu Madu Hitam. Warnanya yang hitam pekat, mengundang rasa penasaran untuk mencoba. Madu hitam terasa sedikit pahit. Berbanding terbalik dengan madu sebelumnya yang manis dan legit.

"Manfaat madu hitam begitu melimpah karena diambil dari sari pohon mahoni yang mengandung substansi alkaloid tinggi. Sebagian bilang malah manfaat madu hitam untuk kesehatan dipercaya lebih baik dari madu jenis lain," ungkap Nisa.

Di samping mengedepankan kesehatan dengan tetap menjaga daya tahan tubuh, usaha madu sarang juga berfungsi untuk memberikan tambahan pendapatan di masa pandemi Covid-19.

Di samping mengedepankan kesehatan dengan tetap menjaga daya tahan tubuh, usaha madu sarang juga berfungsi untuk memberikan tambahan pendapatan di masa pandemi Covid-19. Madu sarang dianggap pula sebagai sebuah inovasi guna meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19 yang melanda.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar