Jajaran Swakelola DPU Mandau Bedah Jalan Sekolah, Walaupun Corona Tidak Jadi Penghalang

Jalan menuju sekolah SDN 035 Air Jamban sudah 80 pengerjaan

Nusaperdana.com, Duri - Meski disituasi wabah pandemi Coronavirus (Covid-19), tidak jadi penghalang bagi jajaran Swakelola Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kecamatan Mandau tetap bergerilya dalam giat peremajaan jalan menuju sekolah dasar (SD) Negeri 035 Air Jamban, Duri, Rabu (29/04/2020).

Pekerjaan dilaksanakan mulai Selasa pagi lalu masih berlangsung hingga sore ini, sekira pukul 14.21 WIB. Puluhan petugas dalam aksi itu berjibaku dalam mempersiapkan peremajaan jalan yang sudah sekitar tujuh tahun lamanya belum diremajakan, ucap penangung jawab lapangan Sinyo, terjun langsung.

Sebelum peremajaan, kondisi jalan di Gang Rose menuju sekolah itu tampak penuh lubang dan digenangi air nan keruh. Laporan pun disampaikan oleh tim awak Media ke jajaran Swakelola DPU Kecamatan Mandau.

Rudi Rianto, seorang Staff handal di kubu kedinasan itu langsung bergerak cepat. Ardiansyah, salah satu pejabat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis pun turut andil, mendengar kabar itu ia langsung berkoordinasi dengan Rudi untuk segera merevitalisasi fasilitas umum yang terletak di jalan Rokan itu.
“Segera kita perbaiki,” ungkap 

Ardiansyah, sebagaimana diwakilkan Rudi, melalui telepon selularnya beberapa saat lalu kepada tim awak Media Alhasil, perbaikan pun dilaksanakan. Satu unit compactor diterjunkan guna merata dan memadatkan bagian jalan yang berlubang. Belasan drum berisi aspal kental diturunkan dari truk, bersama tumpukan pasir dan kerikil.

Menggunakan masker dan tetap menjaga jarak antar pekerja, seluruh personel tetap sadar dan mengikuti imbauan pemerintah dalam mencegah penularan Corinavirus. Pekerjaan pun dimulai, mulai dari pembersihan ruas jalan, hingga penyiraman aspal dilakukan.

Tak sampai 48 jam, kondisi jalan sudah tampak mulus 80 persen. Panjang keseluruhan jalan itu sekitar 350 meter, termasuk persimpangan menuju lingkungan pendidikan dasar yang ada.

“Target kita, giat ini selesai dua hari saja. Kalau bisa cepat, kenapa harus berlama-lama?” ungkap Sinyo, sembari memantau pengerjaan jalan itu.

Berbagi tugas, belasan pekerja tampak memanaskan aspal hitam pekat, mengangkut pasir dan kerikil, memadatkan lapisan aspal, serta menyebar tumpukan pasir secara merata. Sigap, senyap dan rata, begitulah sistem kerja yang diterapkan Sinyo dan rekannya selama giat itu.

Kini, penampakan jalan kian mulus. Warga sekitar pun berbondong-bondong mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pekerja. Bresly, seorang warga di lingkungan peremajaan jalan turut mengapresiasi pekerjaan itu.

“Sungguh cepat dan sigap dalam merespon kebutuhan warga, kami mengucapkan terima kasih atas kinerja bapak-bapak dari PUPR Bengkalis hingga ke Kecamatan Mandau. 

Berkat respon cepatnya, jalan yang biasa di lalui anak sekolahan ini sudah kembali mulus. Anak-anak dan warga tidak lagi khawatir lubang dan cipratan air keruh, semua sudah bagus,” ungkap Bresly, 
warga jalan Rokan Gang Rose, Kelurahan Air Jamban, Mandau, Duri.

Hingga sore ini, peremajaan jalan itu hampir rampung. Hanya menyelesaikan sekitar 30 meter sisanya, seluruh ruas jalan bakal tampak lebih segar. Kinerja para petugas mendapat apresiasi dari warga, lantaran turut peduli dengan kondisi jalan menuju salah satu fasilitas pendidikan di wilayah itu. (putra)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar