Jefryoni Terpilih sebagai Ketua Umum HUT RI dan Pacu Jalur


Nusaperdana.com, Kuansing - Dalam rangka menyambut hari jadi RI dan pelaksanaan rayonisasi Pacu Jalur Tradisional Tingkat Rayon II Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020 di Kecamatan Kuantan Hilir, Jefryoni terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum HUT RI dan Pacu Jalur di Tepian Lubuok Sobae Baserah.

Selain Ketua Umum yang diamanahkan kepada Jefryoni, juga terpilih sebagai Sekretaris Didik Marka Hendika, dan Bendahara Wiwit Erianto.

Keputusan tersebut diambil dalam musyawarah bersama seluruh instansi dan unsur masyarakat se Kecamatan Kuantan Hilir, dan perwakilan dari masyarakat Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Dimana kedua kecamatan ini merupakan rumpun yang tak bisa dipisahkan dalam hal perhelatan kebudayaan pacu jalur, sebagai rumpun masyarakat Baserah.

Dalam kepanitian yang baru terbentuk ini, juga sebagai pelindung dan penasehat Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi serta para Penghulu nan barompek Kenegerian Koto Tuo Baserah yang diwakili Datuk Kayo Tongah Suku Tigo Kampung.

Selain pembentukan panitia pacu jalur tahun 2020, sebagai program kerja panitia bersama seluruh keterwakilan unsur juga dilakukan pembahasan pergeseran jadwal pelaksanaan untuk tahun ini.

"Sementara itu, untuk jangka panjang sesuai wacana sebelumnya, kita juga mengagendakan untuk persiapan pelaksanaan pacu jalur Baserah menuju event Provinsi Riau, dalam rangka hari jadi provinsi nantinya," jelas Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi.

"Dalam hal ini, saya berbicara tidak hanya sebagai Camat Kuantan Hilir, tapi juga sebagai anak jati atau orang asli Baserah. Untuk itu, selain sebagai Camat dan jauh sebelumnya sesuai niat saya ingin mengabdikan diri saya untuk kemajuan Kuantan Hilir secara khususnya, dan Baserah pada umumnya," kata Pitte.

Untuk itu, Camat Kuantan Hilir menghimbau kepada seluruh pihak, termasuk pihak swasta untuk turut mensukseskan perhelatan kebudayaan tradisional pacu jalur Baserah tersebut.

"Kita berharap adanya sumbangsih nyata dari pihak perusahaan terutama yang wilayah operasional nya di Baserah, terhadap pacu jalur yang merupakan pesta tahunan masyarakat," tegas Jhon Pitte Alsi. (imro/rls)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar