Kali Kedua BUMDes Al-Amanah Desa Awe Seubal, Setor Ke Pemerintah Desa Rp. 25 Juta Lebih


Nusaperdana.com, Simeulue - Pelaksanaan serah terima bagi hasil Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Al-Amanah kepada Pemerintah Desa Awe Seubal Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue dilaksanakan di Gedung Serbaguna Lt-II di desa setempat, berlangsung khidmad dengan menerapkan Protokol Kesehatan, Selasa (26/1/2021).

Acara penyerahan bagi hasil tersebut ikut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Simeulue yang diwakili Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Simeulue Samsuar, SP, Kepala DPMG Husin Alim, S.AP, TA-PP Drs. Ngadimun, TA-PED Rizki Maradona, S. Sos, Camat Teupah Barat Misrahudin, SE, Kapolsek Teupah Barat, Danpos Ramil 07/Teupah Barat, PLD Muktar, S. Sos.I, Kepala Desa Leubang Gusti Amin dan Kades Awe Kecil diwakili Sekdes Meria Dayan serta Kades Sital Ariana.

Bumdes Al-Amanah Desa Awe Seubal yang berdiri sejak tahun 2016 dan mulai beroperasi pada tahun 2018 dalam perjalanan usahanya mengacu pada AD/ART yang telah disusun dalam musyawarah desa, yang mana diantara isi AD/ART tersebut bahwa 30% dari hasil atau keuntungan BUMDes diberikan kepada Pemerintah Desa sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PADes).

Tahun ini merupakan kali kedua BUMDes Al-Amanah memberikan bagi hasil kepada Pemerintah Desa, dan dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Untuk tahun ini BUMDes bisa memberikan dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 25.800.000. Dana bagi hasil ini diserahkan oleh Safril, S. Pd selaku Direktur BUMDes Al-Amanah dan diterima oleh Henni Abon Asmadi selaku Kepala Desa yang selanjutnya diserahkan kepada bendahara desa, Hasma Sari untuk kemudian dimasukkan ke dalam rekening desa agar masuk dalam SISKEUDES, karena memang saat ini semua alur keuangan desa harus masuk dalam SISKEUDES sebagai bentuk transparansi anggaran.

Peningkatan bagi hasil tadi tiada lain karena semakin berkembangnya usaha dari BUMDes yang saat ini telah memiliki beberapa jenis usaha andalan diantaranya, yaitu Depot RO, Warung Kopi, Doorsmer, Pangkas Rambut, Pertanian dan Usaha Kecil Menengah.

Dengan usaha maksimal yang dilakukan oleh pengurus BUMDes terdiri dari Direktur Safril, S.Pd, Sekretaris Indra Suhardi, S.Pd dan Bendahara Ajiramin serta dukungan penuh dari pemerintah desa Awe Seubal dibawah kepemimpinan Henni Abon Asmadi dan Sekretaris Desa Adrianto, BUMDes Al-Amanah saat ini terus berkembang dan memberi kemanfaatan khususnya kepada pemerintah desa dan masyarakat desa Awe Seubal pada umumnya.

Camat Teupah Barat Misrahudin, SE pada media ini mengapresiasi atas keberhasilan Pemdes Awe Seubal dalam mengelolah BUMDes dan berharap dengan peningkatan surplus dari bagi hasil ini nantinya menjadi peluang dalam upaya peningkatan untuk memajukan desa, karena pergerakan BUMDes Al-Amanah yang saat ini bergerak dibeberapa unit usaha sangat dirasakan manfaatnya dengan tidak lepas dari transparannya pengelolaan dana yang dikelolah oleh BUMDes. (Uris)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar