Kapolda Kunjungi PWI Riau : Saya datang karena wartawan adalah pahlawan saya


Nusaperdana.com, Pekanbaru - Suasana hangat dan ceria terlihat di hari pertama donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-76 PWI yang digelar di Sekretariat Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Riau,  Kegiatan tersebut disambangi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH, Senin (17/1/2022).

Kapolda disambut Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang dan pengurus di halaman kantor organisasi wartawan tertua di Jalan Arifin Achmad, Kota Pekabaru. Begitu turun dari mobil, tampak suasana berlangsung akrab. Irjen M Iqbal tak canggung lantaran yang ditemuinya adalah mitra lamanya saat berdinas Pekanbaru beberapa tahun silam. Ia masih mengingat wartawan senior Riau, yang dulu masih liputan saat baru bertugas di Riau, sebagai Kasat Lantas Polresta Pekanbaru.

Sambil dibumbui canda tawa, beberapa wartawan senior saling menceritakan kisah masing-masing yang disambut Irjen M Iqbal sambil mengingat tingkah kocak sahabat lamanya.
Sempat berfoto bersama di depan kantor PWI, Irjen M Iqbal dibawa masuk ke dalam kantor PWI tempat berlangsungnya kegiatan donor darah. Setibanya di dalam, bak idola, jenderal jenderal bintang dua itu langsung diburu para panitia dan peserta donor darah. Kapolda diberikan baju PWI peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

Sebelum meninggalkan kantor PWI, Kapolda yang merupakan mantan Kadiv Humas Polri ini tak lupa menyempatkan diri melayani wawancara wartawan.
Alumni Akpol 1991 ini mengatakan, dia datang ke kegiatan donor darah ini atas keinginan sendiri.

.“Saya langsung ke sini tanpa diminta. Karena di sini ada teman-teman saya. Ketua PWI Riau dan kota, serta jajaran bagi saya adalah pahlawan saya,” terang mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

Menurutnya, posisi yang sekarang dijabatnya tak lepas dari bantuan para jurnalis Riau yang sudah dianggapnya sahabat dekat. Sehingga, ia dapat kembali ke Riau.

“Karena tanpa bantuan teman-teman, saya mungkin tidak seperti ini sekarang. Oleh karena itu, saya juga berkewajiban untuk mensupport menyampaikan pers itu penting,” lanjut Kapolda.

Sebagai orang yang pernah bertugas sebagai Kadiv Humas Polri, Kapolda berprinsip bahwa media dan polisi itu bagaikan ikan dan air, saling membutuhkan.
Karena itu, menurutnya dalam proses kegiatan HPN dan HUT ke-76 PWI, PWI Riau melakukan donor darah.m adalah hal yang luar biasa.

“Bahwa pers berbuat menunjukkan diera pandemi harus berbuat untuk kemanusiaan,” kata perwira tinggi polisi yang dikenal ramah dan religius ini.

Kapolda turut berpesan, agar para wartawan tetap menjadi matahari menerangi semua negeri.

“Pesan saya tetap menjadi matahari menerangi semua negeri ini, menyampaikan informasi yang akurat dan mendidik. Karena hari ini, kita juga berperang terhadap berita yang tidak mengedukasi, hoax dan lain-lain,” kata Kapolda.

Dia menekankan, bahwa pihaknya pasti mensupport setiap kegiatan PWI, agar terus menyajikan konten-konten yang mendidik dan tidak hoax.

“Karena itu, Polisi pasti mensupport ada di belakang maupun di depan PWI untuk menarik. Semoga pers tetap menyajikan konten-konten yang menarik, beredukasi, fakta dan tidak turut menyebarkan hoax. Kedatangan saya ke sini  untuk silaturahmi,” pungkas Irjen M Iqbal.

Terpisah, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang SSos mengatakan, rangkaian kegiatan PWI menyambut HPN dan HUT PWI ke 76, salah satunya adalah Bakti Sosial Donor Darah yang digelar selama dua hari yakni hari ini (Senin (17/1/2022) dan esok Selasa (18/1/2022). Kemudian, katanya, kegiatan sosial lainnya.

Turut hadir, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Moch Syech Ismed SE MHan dan jajaran.
Kedatangan putra asli Riau ini juga mendapat sambutan hangat dari panitia. Zulmansyah Sekedang mengatakan apresiasi dan penghargaannya terhadap kedua orang nomor satu di Polda Riau dan Korem 031/Wirabima tersebut.

“Ini peristiwa langka. Baru pertama terjadi, Kantor PWI Riau ‘diserbu’ dua jenderal, lengkap dengan pasukannya,’’ ujar Zulmansyah dengan wajah sumringah.(red/dana)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar