Kapolres dan Wabup Inhil Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di SMP Budi Daya dan Warga Pulau Palas


Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Didampingi Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Syamsuddin Uti meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Dosis I kepada Siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) Budi Daya dan masyarakat desa Pulau Palas kecamatan Tembilahan Hulu, pada Selasa (21/9/2021) pagi.

Sebelum tiba Wabup Inhil H Syamsuddin Uti dan Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dian Setyawan SH SIK M.Hum Dandim yang diwakili oleh Danramil 03/Tempuling Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan di SMP Budi Daya sebagai tamu kehormatan diberikan Tanjak Melayu langsung dari Kepala sekolah, Tengku Sayed Basirun, S, Hum.

Wabup Inhil H Syamsuddin Uti mengatakan bahwa pagi hari ini bersama Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan dan Dandim yang diwakili oleh Kapten Arm Syahrul, bersama Camat Tembilahan Hulu Ridwan Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino Handoyo untuk melihat pelaksanaan Vaksinasi tahap pertama kepada murid-murid di SMP Budi Daya dan masyarakat Desa Pulau Palas.

"Alhamdulillah hari ini bisa melihat langsung pelaksanaan Vaksinasi kepada murid-murid di SMP Budi Daya dan warga, Pulau Palas ini merupakan kampung kelahiran saya, banyak kenangan di sini dan hari ini saya apresiasi kepada bubuhan yang telah mengikuti program pemerintah untuk menerima vaksinasi," cetus Wabup Inhil H Syamsuddin Uti.

Ia juga mengungkapkan bahwa vaksinasi tersebut adalah teruntuk pelajar adalah persyaratan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Untuk Herd Immunity di sekolah dan desa pulau Palas.

"Semoga dengan kita divaksin kedepannya belajar bisa menerapkan tetap muka, tetapi terbatas mengingat kondisi virus COVID-19 masih belum berakhir, jadi pihak sekolah juga lebih perketat protokol kesehatan dengan anjuran pemerintah dalam menerapkan Pembelajaran Tatap Muka terbatas," ungkapnya.

Wabup juga mengatakan bahwa apabila siswa-siswi SMP Budi Daya dan masyarakat Pulau Palas sudah menerima vaksin, jangan mengabaikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak hindari kerumunan serta membatasi mobilitas.

"Iya itu yang penting dengan kita kebiasaan menerapkan Protokol Kesehatan kita sama saja sudah memerangi COVID-19," tambahnya.

Wabup juga memberikan beberapa kuis berhadiah Kepada murid di SMP Budi Daya, apabila yang bisa menjawab pertanyaan dari Wabup tersebut mendapatkan doorprize buku dan telur rebus serta air mineral.

"Iya ini sebagai memberikan ilmu pengetahuan saja, dan agar tak tegang saat pelaksanaan Vaksinasi, ya kita hanya memberikan sedikit saja ini pun bantuan buku tersebut dari toko Ameng/Eddymen toko buku metro jalan M. Boya PSMTI pak Aping dan telur rebus dari Forkopimcam Tembilahan Hulu," ungkapnya.

Senada itu Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan SH SIK MHum, mengatakan pada hari ini bersinergi dengan pemerintah daerah TNI-POLRI melaksanakan Vaksinasi Massal kepada pelajar merupakan prioritas utama dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

"Iya kita sasaran utama pelajar, dikarenakan provinsi Riau sudah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) siswa dan guru, jadi dari pada itu takut terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan pelajar menjadi calster COVID-19 dari pendidikan, untuk itu kita sasar ke sekolah-sekolah," ucap Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan.

AKBP Dian juga mengatakan, yang mana harapannya dengan adanya vaksinasi terhadap siswa-siswi pembelajaran menjadi nyaman dan aman, "Kalau sudah gurunya dan muridnya divaksin dengan harapan dengan percepatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh unsur pemerintah daerah TNI-Polri ini Herd immunity tercapai apa yang diharapkan oleh pemerintah," tandasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Indragiri Hilir sudah masuk zona kuning dan di level 2, Inhil lagi landai dengan ditingkatkan protokol kesehatan dan percepatan Vaksinasi.

"Iya pemerintah daerah bersinergi dengan TNI-POLRI, untuk mempercepat vaksinasi dengan begitu Herd Immunity segera tercapai di kabupaten Indragiri Hilir, sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19. Setidaknya kita sudah berusaha untuk menekan penyebaran COVID-19 di kabupaten Indragiri Hilir, agar kita bisa bebas dari COVID-19," tandasnya

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Budi Daya Tengku Sayed Basirun S. Hum. Mengucapkan terimakasih kepada Wabup Inhil H Syamsuddin Uti, Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, dan Dandim dalam hal ini diwakili oleh Kapten Arm Syahrul Effendi. Yang sudah meluangkan waktu ke sekolah dibinanya.

"Alhamdulillah ini sejarah bagi saya, pak Wabup H Syamsuddin Uti pak Kapolres serta unsur Forkopimcam Tembilahan Hulu sudah hadir dan pembina Yayasan Vioni Bersaudara Marlis Syarif juga ada ini merupakan hal yang begitu luar biasa, sekali lagi saya mengucapkan terima," tandasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa vaksinasi di SMP Budi Daya tersebut adalah merupakan dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas kepada siswa-siswi. Dengan divaksin membuat daya tahan tubuh apabila virus COVID-19 menyerang ada antibodi melawan virus.

"Ya kami (SMP Budi Daya) dalam hal ini mendukung program pemerintah dalam memutuskan penyebaran COVID-19 dengan melaksanakan Vaksinasi terhadap siswa-siswi dan guru di SMP Budi Daya," tegasnya.

Terkait pembelajaran tatap muka terbatas, ia juga mengatakan di SMP Budi Daya selalu menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah dengan cara 5 M.

"Kita berlakukan, wajib memakai masker, dan di dalam ruangan hanya berberapa siswa saja, takut nya kalau banyak hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi, bisa berbahaya, semoga dengan kita divaksin kedepannya belajar tatap muka selama 2 bulan kedepannya tidak ada calster pendidikan," ucap Kapsek SMP Budi Daya yang merupakan Ketua lembaga adat Melayu Riau kecamatan Tembilahan Hulu.

Tampak hadir dalam Vaksinasi kepada pelajar SMP Budi Daya Wabup Inhil H Syamsuddin Uti, Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan SH SIK M.Hum Camat Tembilahan Hulu Ridwan S.Sos, M.Si. Dandim yang diwakili oleh Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan, Kasat Lantas Polres Inhil AKP Lassarus Sinaga, SH,
Camat Tembilahan Hulu Ridwan S.Sos, M.Si. Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino Handoyo, SH, Pembina Yayasan Vioni Bersaudara (YVB) Marlis Syarif, Kapala Puskesmas Tembilahan Hulu Hj. Rosdinah, S.ST, M.Kes, dan Tim Vaksinator, PJs Kepala Desa Pulau Palas Dodi Wahyudin, kepala Sekolah SMP Budi Daya, Tengku Sayed Basirun, S. Hum, anggota Koramil 01, personil Polsek Tembilahan Hulu, Penasehat YVB Hj Emmy Br Sembiring, dan pengurus YVB Hj Finni Asnita.

Untuk diketahui jumlah penyuntikan Vaksin Covid-19 yang telah diberikan, tersebut 166 orang siswa SMP Budi Daya dan masyarakat Desa Pulau Palas. Selama pelaksanaan Vaksinasi berlangsung tertib dan menerapkan Protokol Kesehatan.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar