Kasus HIV/AIDS Mengalami Penurunan di Kampar

Kasus HIV/AIDS Mengalami Penurunan di Kampar

Nusaperdana.com, Kampar - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kampar tahun 2022 hanya 8 kasus,  dari 8 kasus tersebut 4 kasus HIV dan 4 kasus AIDS. Jumlah 8 kasus tersebut terhitung dari bulan Januari sampai bulan Desember,  hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Koordinator Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Ns. Bustami, S.Kep, M.Pd kepada wartawan di ruangan kerjanya, Kamis siang (22/12).

Diterangkan lebih lanjut oleh Bustami,  untuk total keseluruhan jumlah kasus HIV/AIDS berjumlah 104 orang dan data tersebut dari tahun 2009 sampai tahun 2022. Dari tahun 2009 tersebut kasus yang tertinggi pada tahun 2011 dan 2012 mencapai 10 sampai 15 kasus.

Dari tahun 2013 dan sampai sekarang kasus HIV/AIDS mengalami penurunan dan jumlah kasus pertahun dibawah  10 kasus. Kecamatan yang tertinggi kena kasus HIV/AIDS yakni Kecamatan Bangkinang dengan jumlah 11 kasus dan Kecamatan lain rata - rata 1 kasus. Untuk data kasus HIV dari RSUD Bangkinang berjumlah 62 orang dan AIDS 21 orang.

Menurut Bustami, sebagian warga Kampar tidak terdata HIV/AIDS karena mereka melakukan pemeriksaan di luar Kampar. Mungkin mereka malu melakukan pemeriksaan di Kampar  dan memilih melakukan pemeriksaan diluar Kampar.

Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat Kampar agar tidak melakukan pergaulan bebas atau seks bebas, karena seks bebas salah satu penularan HIV/AIDS. Menjaga hidup sehat dan bersih sangat penting karena pergaulan bebas bukan cara hidup sehat dan bersih, seru Bustami.

Diterangkan lebih lanjut oleh Bustami, apalagi Kampar Serambi Mekah nya Riau, kalau kasus HIV/AIDS nya tinggi malu kita dan oleh sebab itu mari kita sama - sama menjaga agar terhindar dari pergaulan bebas.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar