Kecamatan Logas Tanah Darat Bentuk MPA


Nusaperdana.com, Kuansing - Kepolisian Sektor (Polsek) Logas Tanah Darat bersama Upika (Unsur pimpinan kecamatan) membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di Tingkat Kecamatan dalam bentuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran lahan dan hutan (karhutla)

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau telah menjadi isu nasional. kebakaran yang selama ini terjadi menimbulkan dampak yang sangat merugikan banyak kalangan. Diantaranya kerusakan lingkungan, terganggunya aktivitas masyarakat (social ekonomi), gangguan kesehatan berupa meningkatnya penderita ISPA, kerugian harta benda, bahkan telah menimbulkan korban jiwa.

Untuk itu dalam bentuk antisipasi tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan Kapolsek beserta Perusahaan mengadakan pelatihan terhadap personil yang digelar di Mapolsek Kecamatan Logas Tanah Darat, Rabu (12/02/2020) yang dihadiri oleh Camat logas tanah darat Rian Fitra Yulianda,SSTP, managemen PT.RAPP Misbah, Ketua koperasi Sokojati Syarkawi, kades se-kecamatan logas tanah darat, anggota pengurus APKASINDO H.Rofingi, Tokoh adat Sasriadi, personil MPA yang di Nakhodai oleh kepala desa Giri sako H.Wasidi kecamatan logas tanah darat kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

Materi Pelatihan ini meliputi konsep dasar pengendalian kebakaran, teknik dan strategi pemadaman, penanganan pasca kebakaran, pengenalan peralatan Damkar serta praktek pemadaman (simulasi). Diharapkan setelah mengikuti pelatihan personil Damkar akan lebih memahami tentang pengendalian kebakaran baik secara teori maupun praktek di lapangan serta lebih profesional.

IPTU Rafidin lumban gaol mengucapkan Terima kasih kepada Management RAPP yang telah bersedia membantu untuk kegiatan tersebut

"Kami ucapka terima kasih kepada managemen PT.RAPP dan Kepada seluruh Kades dan MPA kami ucapkan terima kasih banyak, hendaknya pelatihan ini dapat kita manfaatkan untuk menambah kemampuan, sehingga apabila terjadi karhutla Kepolisian beserta MPA kecamatan  sudah mampu mengatasi secara sigap," ucap Rafidin.

Dilanjutkan Rafidin mari kita sama-sama berbuat yang terbaik untuk alam, kita dukung program pemerintah untuk menghijaukan Riau kedepan nya,agar kita bisa mewariskan warisan yang diberikan oleh sang pencipta.

Camat logas tanah darat Rian Fitra Yulianda menyampaikan ini merupakan tugas kita bersama dalam menjaga ekosistem dan kelestarian hutan, karena hutan kita merupakan paru paru dunia.
 
"Jadi kalau seandainya kita tidak bisa menjaganya, maka kita sendiri yang mendapatkan imbasnya, maka dari pada itu anggota MPA inilah yang merupakan pilar terdepan kita saat ini di kecamatan kita, yakni logas tanah darat," jelasnya.

Camat sangat mengapresiasi Anggota MPA yang sangat antusias untuk menjalankan tugas yang merupakan pahlawan pertama dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan dikecamatan ini.

"Kami ucapkan selamat menjalankan amanah," tutupnya. (imro)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar