Kerupuk Amplang Makanan Khas Inhil Yang Selalu jadi Oleh-oleh Pelancong

Kerupuk Amplang Makanan Khas Inhil Yang Selalu jadi Oleh-oleh Pelancong

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Siapa sih yang tidak kenal dengan kerupuk amplang, cemilan khas Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Dengan rasanya yang gurih berbahan dasar Undang atau ikan, bisanya kerupuk amplang menjadi buah tangan bagi pelancong yang berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hilir.

Amplang udang terkenal dari Indragiri Hilir, karena daerah ini merupakan wilayah pesisir dengan hasil tangkapan udang yang tinggi.

Di Inhil sendiri, ada beberapa wilayah yang terkenal dengan penghasil ampalng udangnya, yaitu daerah Desa Sungai Luar, Pulau Kijang, dan Kota Baru.

Kemudian amplang udang distribusikan ke Tembilahan yang merupakan Ibukota Kabupaten Inhil.

Untuk harganya bervariasi tergantung bentuk dan rasanya. Biasanya kalau bentuk yang besar dan panjang lebih murah dibandingkan amplang udang dengan bentuk yang lebih kecil. Karena memang proses pembuatannya jauh lebih rumit.

Harga sebungkus amplang udang yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh, mulai dari Rp50 ribu-Rp 80 ribu per kilogramnya.

Oleh-oleh ini juga bisa didapatkan dengan mudah, karena sudah banyak tersedia di mmimi market, terutama di kawasan Tembilahan.

Tentu saja, harganya sedikit mahal dibandingkan dengan membeli langsung ke tempat produksinya, dan di mini market ukuran kemasannya pun lebih kecil.(Advertorial/Disparporabud Inhil) 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar