Ketua BKAD Xlll Koto Kampar, Syofian Buka Pelatihan BUMDES

Ketua BKAD Xlll Koto Kampar, Syofian Buka Pelatihan BUMDES

Nusaperdana.com, Kampar - Syofian, S.H, M.H, Dt. Majosati, Selaku ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Xlll Koto Kampar Kabupaten Kampar Riau, mendampingi Camat XIII Koto Kampar dalam acara membuka pelatihan manajemen Badan usaha milik desa (BUMDES) Selasa 01 November 2022.

Pelatihan ini bersumber dari Bantuan dana khusus provinsi Riau, dimana setiap Desa mendapatkan dana 160 juta setiap Desa di tahun anggaran 2022.

Syofian mengatakan, bantuan keuangan tersebut difokuskan beberapa item. Diantaranya untuk penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"penanggulangan kemiskinan, Tahfiz, Posyandu, penanganan stunting dan peningkatan kapasitas kewirausahaan pemuda pemudi desa, ini mesti kita laksanakan sebab ini adalah amanah bapak gunernur Riau melalui juklak dan Juknis BKK Riau," kata Syofian

Mneurut kadis PMD DUKCAPIL Riua bapak Joko, Besaran bantuan sendiri variatif. Di mana tergantung klasifikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dasar, tumbuh, berkembang dan maju.

"Bantuan sangat ditentuan oleh klasifikasi. Kalau dirata-ratakan bankeu desa itu sebenar Rp150 juta, tapi karena ada klasifikasi itu tentu bantuan yang diterima desa berbeda-beda karena klasifikasi BUMDes itu," sebutnya

Lanjut ia tambahkan, Sebagai informasi, pada 2019 Pemerintah Provinsi Riau telah memberikan BKK kepada 1.591 desa yang ada di Provinsi Riau sebesar Rp200 juta per desa.

"Kemudian, pada tahun 2020, mengalami penurunan disebabkan oleh dampak pandemi Covid-19. Sehingga BKK yang disalurkan sebesar Rp85 juta per desa. Kemudian, pada tahun 2021, BKK yang disalurkan kembali naik menjadi Rp100 - Rp150 juta per desa," jelasnya

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Camat XIII koto Kampar yang di wakili oleh sekcam Bapak Kawilarang di dampingi oleh kasipem Abdul aziz.

Dalam sambutan nya camat XIII Koto Kampar menyampaikan kepada peserta pelatihan agar mengikuti nya secara seksama, agar bisa di implementasi kan nanti nya di masing masing BUMDES di setiap desa dalam kecamatan XIII koto Kampar.

"saya harap setiap peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini, hingga bisa dapatkan nilai tambah bagi setiap pengurus bumdes kedepannya " tutup sekcam Kawilarang.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar