Ketua PT Medan Lantik Derman P Nababan Menjadi Ketua PN Pematangsiantar


Nusaperdana.com, Medan - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan, Setyawan Hartono, SH,MH melantik dan mengambil sumpah jabatan Derman P. Nababan, SH,MH menjadi Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar,di Aula PT Medan, JL. Ngumban Surbakti Medan, Jumat,( 8/01/21).

Dalam sambutannya, Ketua PT Medan mengharapkan Derman P. Nababan yang mantan Wakil Ketua PN Subang itu dapat melanjutkan prestasi PN Pematang Siantar, yang selama ini telah diraih di bawah kepemimpinan Danardono, SH.

“Saya yakin, saudara Derman Nababan, dapat meningkatkan kualitas kinerja PN Pematang Siantar, sehingga bisa meraih WBBK”,pesan Ketua PT Medan .

Danardono sendiri dimutasi menjadi Ketua PN Jepara, Jawa Tengah.

Sementara itu dalam acara ramah tamah, Derman P. Nababan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ketua PT Medan, karena telah melantiknya.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak Ketua Pengadilan Tinggi Medan, saya resmi dilantik hari ini. Saya siap melanjutkan kepemimpinan bapak Danardono, yang telah berupaya membenahi administrasi umum maupun administrasi perkara PN Pematang Siantar. Saya juga siap menerima instruksi dan arahan dari bapak Ketua Pengadilan Tinggi Medan, bapak WKPT Medan dan para Hakim Tinggi Medan, untuk meningkatkan performa kinerja PN Pematang Siantar” ujar Derman, mantan cleaning service itu.

Derman didampingi Istrinya Rumata Rosininta Sianya Manalu, SH,MH, Derman menuturkan ia memulai karir sebagai PNS Golongan I B di PTUN Medan, sambil kuliah

“Mahusor” (Mahasiswa Hukum Sore-red) di Universitas Dharmawangsa Medan Tahun 1998, Derman menggondol gelar Sarjana Hukum, lalu ia diterima menjadi Calon Hakim, seterusnya menjadi Hakim PN Padangsidimpuan (2002-2007). Selanjutnya ia bertugas sebagai Hakim di kampung halamannya PN Tarutung tahun 2007-2010. Pada tahun 2010, ia dimutasi menjadi Hakim PN Jepara, terkenal sebagai kota ukir.

Dua tahun di Jepara, ia dimutasi ke PN Lubuk Pakam, selanjutnya 2015 dipromosi menjadi Wakil Ketua PN Balige. November 2016 dipromosi menjadi Ketua PN Muara Bulian, Jambi. Memimpin selama tiga tahun, pada November 2019, Derman dipromosi menjadi Wakil Ketua PN Subang, Kelas IB, hingga akhirnya, Jumat, 8 Januari 2021 alumni S2 Hukum UMSU itu dilantik menjadi Ketua PN Pematang Siantar Kelas IB.

Acara pelantikan itu berlangsung hikmad, dihadiri Wakil Ketua PT Medan, Dr. Mangatas Malau, SH,MH, dan para Hakim Tinggi, maupun Hakim Tinggi ad Hac.

Bertindak sebagai Saksi Bahtera Peranginangin, SH,MH dan John Diamond Tambunan, SH,MH, masing-masing Hakim Tinggi Medan. Turut hadir Ketua Pengurus Daerah Dharma Yukti Karini, Ny. Setyawan Hortono.

Di jajaran undangan turut hadir Dr. Poaradda Nababan, S.Pb, anggota DPRD Sumut, Dr. RE. Nainggolan, MM,mantan Bupati Tapanuli Utara dan mantan Sekda Prov Sumut, Drs. Hendrik H. Sitompul, MM, Ketua Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Sumatera Utara. Lamsiang Sitompul, SH,MH, Ketua Umum Horas Bangso Batak (HBB). Martin Siahaan, Ketua DPD Pemuda Batak Bersatu Sumatera Utara, Himler Nababan, Ketua Punguan Borsak Mangatasi Nababan Boru Bere Kota Medan, Anton Sianipar, Ketua Komisi Pemuda PGIW Wilayah Sumut.

Juga hadir beberapa Ketua PN se-Sumut, di antaranya Ketua PN Simalungun Abdul Hadi Nasution, SH,MH, Ketua PN Sidikalang, Ledis MB Bakara, SH,MH, Ketua PN Tanjung Balai Dr. Salomo Ginting, SH,MH, Kepala Kejaksaaan Negeri Tobasa Dr. Robinson Sitorus, SH,MM, MH.

Dalam acara ramah tamah, M. Nababan (74) dan D. Br. Sidabutar (74), yang merupakan ayah dan ibunda Derman menyanyikan lagu “Anakkon hi do hamoraon di au”, membuat hadirin terharu. Mereka sendiri adalah petani miskin, merasa senang bisa menyaksikan anaknya dilantik jadi Ketua Pengadilan.

“Ini adalah berkat khusus bagi keluarga kami, sebagai petani miskin saya tidak pernah menduga anak saya bisa menjadi seorang pejabat” ,ujar ayah Derman singkat.

Acara itu juga disiarkan secara live melalui virtual zoom, yang diikuti oleh keluarga besar mertua Derman P. Nababan, SH Manalu, SE,M.SI dan beberapa kerabat dekatnya.

DERMAN P. NABABAN, PENERIMA AWARD TOKOH INSPIRATIF 2020

Menarik, Derman P. Nababan, SH,MH sendiri adalah penerima Award Tokoh Kristiani 2020, Pilihan Majalah Narwastu Jakarta.

Sebagaimana diketahui, setiap akhir tahun, majalah ini rutin merilis nama-nama 21 orang tokoh inspiratif, dari berbagai latar belakang profesi.

“Pilihan itu didasarkan calon berjiwa Pancasilais, nasionalis, menghargai keberagaman dan hidupnya menginspirasi bagi banyak orang. Selain itu, profilnya pernah dimuat di majalah Narwastu” terang Jonro I Munte, Pemimpin Redaksi Majalah Narwastu.

Berdasarkan kriteria tersebut, Derman P. Nababan yang juga penulis buku Terbanglah Rajawaliku, Kisah Inspiratif Seorang Cleaning Service Menjadi Ketua Pengadilan Negeri, yang diterbitkan Andi Offset, Yogyakarta, 2020, dinobatkan sebagai salah satu Tokoh Inpiratif.

Sejumlah nama tersebut, dilansir Majalah Narwastu, pada Edisi khusus Desember 2020.

Dari buku Terbanglah Rajawaliku diketahui, selain kiprahnya sebagai hakim, Derman juga aktif sebagai penceramah dan motivator. Tema ýang sering beliau sampaikan adalah “Menang di Masa Sukar”.

Bukan sekadar teori, namun beranjak dari pergumulan hidupnya yang penuh liku. Derman lahir dan dibesarkan di sebuah perkampungan sunyi, dan mengawali karirnya sebagai Golongan I B, dengan gaji 52 ribu rupiah.

Mengamati perjuangan hidupnya, Prof. Dr. H. Supandi, SH,M.Hum, Ketua Muda Mahkamah Agung Lingkungan Peradilan TUN dan Guru Besar Tidak Tetap UNDIP Semarang, mengatakan “Derman tak gentar menghadapi tantangan hidup, ia memandang tantangan sebagai peluang. Selain itu, tercermin jelas dirinya memiliki emotional quotient (kecerdasan emosi) yang baik. Mampu menerima, mengontrol dan mengelola emosi dirinya dan orang-orang di sekitarnya”.

Senada, Dr. Barita Simanjuntak, SH.,M.H,C.FrA, Ketua Komisi Kejaksaan RI, menimpali , satu hal yang menarik dalam pribadi Derman adalah slogan “Tetap semangat dan antusias”, menunjukkan Derman seorang pekerja keras dan penuh kehangatan.

Selain itu Derman dapat membagi waktu dalam pelayanan, yaitu menabur firman, sehingga hal-hal berat dalam tugas sebagai hakim untuk memberikan pertimbangan dan memutuskan keadilan adalah hasil pergumulan batin dan imannya terus menerus” untai Barita, yang juga dipercaya Menteri BUMN sebagai Komisaris PT. Danareksa (Persero).

Terpisah, Dr. RE. Nainggolan, MM, mantan Bupati Tapanuli Utara dan Mantan Sekda Propinsi Sumatera Utara mengatakan, Derman sendiri sejak kecil tidak pernah berpikir menjadi hakim, apalagi menjadi pimpinan pengadilan. Akan tetapi, takdir dan kesuksesan selalu berpihak kepada mereka yang mau gigih belajar dan berusaha. Selain kegigihan, keinginan kuat untuk terus belajar juga merupakan mutiara teladan, yang bisa kita petik dari kisah perjuangan Derman. Belajar adalah upaya memperbaiki diri, yang berarti memperbaiki masa depan” ujar mantan Bupati Tapanuli Utara ini.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, MSi, mengatakan merasa bangga, karena Derman satu àlumni dengannya di SMA Negeri Siborongborong.

“Beliau seorang pejuang yang ulet, dari cleaning service menjadi Ketua Pengadilan. Kiranya buku Terbanglah Rajawaliku ini menjadi motivasi bagi generasi muda dalam meraih cita-citanya”, ujar Bupati Tapanuli Utara yang menjabat pada periode kedua ini.

Derman P. Nababan, putra Desa Lumban Tongatonga, Siborongborong ini adalah alumni S2 Hukum dari Universitas Muhammadyah Sumatera Utara.

Memperistri Rumata Rosininta Sianya Manalu, seorang Jaksa di Kejari Jakarta Barat. Mempunyai dua orang anak, pertama Tifany, mahasiswi Teknik Elektro ITB Bandung dan Kevin, Siswa SMA di Jakarta. (Wilson)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar