Koramil 04/Mandau Padamkan Karhutla di Desa Tasik Serai


Nusaperdana.com, Mandau - Koramil 04/Mandau lakukan Pemadaman kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di Dusun Cimandak RT.04 RW.02 Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Maundau Kabupaten Bengkalis, Selasa (03/03/2020).

Adapun Lahan terbakar berupa tanah gambut yang penuh semak belukar dengan kekuatan personel terdiri dari TNI dari koramil 04/ mandau sebanyak 3 orang diantaranya Sertu TR. Laser, Serda Handrawan, Serda Setiawan, dan polri dari Polsek Mandau  1 orang, ditambah  5 orang MPA serta 8 orang RPK.

”Pemadaman Titik Api yang diakibatkan terjadinya kebakaran lahan Hutan GSK yang terletak di RT.04 /RW.02 Dusun Cimandak Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Maundau Kabupaten Bengkalis, 
Di lahan gambut seluas ± 3 hektar yang terbakar dipenuhi semak belukar dan Tanah gambut serta hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Pinggir,” kata Danramil 04/Mandau Kapten Arh H Sitorus kepada beberapa awak media.

Dijelaskannya juga, lahan yang sudah dipadamkan sekitar 2 hektar, dan 1 hektar lagi sedang dilakukan pemadaman dengan peralatan, mesin mini Tohatsu 2 unit, mesin mini Strecker 1 unit, selang 1.5 inc 20 Roll, selang 2.5 inc 10 Roll, Nouzle 6 buah, 1 unit Excavator dan 1 unit mobil Tengki.

"Sedangkan untuk hambatan dalam pemadaman dengan cuaca cerah, Angin kencang berubah-ubah arah, tanah gambut, sumber air sudah tidak ada sementara menggunakan mobil Tengki Air dan sudah dibuat embung oleh alat berat PT. Arara Abadi dan Jarak TKP ke Koramil ± 45 KM," ucap Kapten H Sitorus.

Ditambahkannya Kondisi terakhir api dilakukan Pendinginan pada titik api, tapi walaupun demikian kita sangat bersemangat memadamkan api tersebut, kegiatan berlangsung Situasi aman dan kondusif. (putra)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar