KPU Torut Gelar Gerakan Klik Serentak


Nusaperdana.com, Toraja Utara - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara (Torut) menggelar Gerakan Klik Serentak (GKS) yang menjadi bagian dalam pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020, Rabu (15/7/2020) di sekretariat KPU Torut yang dihadiri Bawaslu Torut dan sejumlah awak media.

Ketua KPU Torut Bonnie Freedom mengatakan, coklit serentak di seluruh Indonesia dilaksanakan pada hari ini hingga 13 Agustus mendatang.

"Melalui aplikasi GKS masyarakat dapat memastikan apakah sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih, dengan mengakses situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Dengan aplikasi ini pemilih bisa melakukan coklit secara mandiri dan Kami mengharapkan penggunaannya dapat segera menjangkau sebanyak mungkin bagi yang belum mendaftar," terangnya.

Selain itu, tambah Bonnie, Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) akan mendata secara door to door atau dari rumah ke rumah dengan membawa formulir A-KWK dan melakukan coklit.

"Jadi, dalam proses 30 hari ini kita harapkan semua penduduk Torut tanpa terkecuali yang sudah memiliki syarat memilih dapat di daftarkan sebagai pemilih dan untuk PPDP akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) guna mencegah penyebaran virus corona," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Torut, Andarias Duma' mengatakan, dalam melakukan kegiatan pendampingan dan pengawasan saat PPDP bertugas melakukan coklit, Panwaslu Kecamatan sampai tingkat Kelurahan dan Desa diberikan fasilitas berupa APD dan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

"Tugas bawaslu adalah memastikan bahwa prosedur dan tata cara yang dilakukan PPDP ini sesuai dengan aturan sehingga nantinya menghasilkan data yang tepat dan akurat. Dan Bagi masyarakat yang belum terdaftar bisa menghubungi PPDP untuk didaftarkan," tandasnya. (arie)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar