Kue Bingka Kudapan Suku Banjar di Tembilahan yang Bisa Kamu Cobain

Kue Bingka Kudapan Suku Banjar di Tembilahan yang Bisa Kamu Cobain

Nusaperdana.com, Tembilahan - Bagi kamu pencinta kudapan dengan rasa manis mungkin kue bingka satu ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu cobain.

Bingka adalah kue yang menjadi ciri khas Suku Banjar. Bingka memiliki citarasa yang manis, legit dan lembut.

Di Kabupaten Indragiri Hilir yang mayoritas merupakan suku banjar, biasanya kue Bingka dibuat dari bahan-bahan sebagai berikut: tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam.

Sebagai kelaziman, bingka dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Ada bermacam-macam perisa bingka seperti bingka tapai ketan, bingka kentang, bingka labu, bingka pandan, bingka kelapa dan lain sebagainya.

Selain itu, ada jenis bingka lain yang menjadi favorit orang Banjar dalam bulan puasa, yaitu "bingka barandam" yang sebenarnya agak berbeda cara pembuatannya. Satu loyang bingka biasanya sudah cukup mengenyangkan dan dapat dinikmati sampai dengan enam orang.

Selain menjadi kue khas Suku Banjar, bingka juga terkenal di provinsi-provinsi tetangga seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, dan mempunyai kemiripan dengan kue bingke yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Bingka Banjar tidak hanya dikenal didalam negeri namun juga di mancanegara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.(adv)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar