Layanan Inovasi DM & HT Center UPT Puskesmas Kuala Enok, Wujudkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi Secara Optimal

Layanan Inovasi DM & HT Center UPT Puskesmas Kuala Enok, Wujudkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi Secara Optimal

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Penderita Diabetes Mellitus (DM), Hipertensi (HT) ataupun keduanya di dominasi oleh pra lansia dan lansia. Usia degenerative memang rentan terhadap penyakit, hal ini didukung juga oleh pola hidup dan penyakit keturunan. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga banyak diderita pada usia dewasa akibat dari pola hidup yang kurang baik.

Data yang didapatkan di UPT Puskesmas Kuala Enok, jumlah pasien Diabetes Melitus dan Hipertensi cukup banyak, namun masih cukup banyak juga yang tidak rutin mengontrol kondisinya ke puskesmas.

Penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi pra lansia maupun lansia memiliki keterbatasan untuk berkunjung kepuskesmas untuk mengontrol kondisi penyakitnya. Terkadang adakalanya mereka merasa jenuh karena harus mengkonsumsi obat secara terus menerus, bahkan ada yang merasa kondisinya sudah nyaman langsung menghentikan konsumsi obat.

"Sehingga saat gejala terasa berat baru berkunjung ke puskesmas. Hal inilah yang akan menyebabkan penyakit Diebetes Melitus dan Hipertensi menjadi tidak terkontrol," ungkap Kepala UPT Puskesmas Kuala Enok H. Muhammad Syum, SKM. MM.

Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan kasus penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi. Oleh karena itu Kepala Puskesmas melakukan evaluasi terhadap peningkatan tersebut. Beberapa kendala yang ditemukan adalah :
1. Keterbatasan tenaga yang bisa mengkoordinir kegiatan DM dan HT
2. Keterbatasan dalam memanajemen pengelompokan penderita DM dan HT
3. Kurang nya motivasi penderita DM dan HT untuk berkunjung ke Puskesmas
4. Kurangnya waktu pemberian edukasi karena pelayanan bergabung dengan pasien lain nya

Melihat beberapa kendala tersebut maka pihak Puskesmas berinisitif membentuk tempat pelayanan yang berfokus kepada penderita DM dan HT, agar penderita DM dan HT mendapat pelayanan yang holistic, mendapatkan informasi yang detail, mendapatkan edukasi yang cukup, dan mempermudah dalam pengambilan obat rutin.

"Kegiatan tersebut adalah membuat pelayanan khusus yang diberi nama DM dan HT center. Program Inovasi DM dan HT center dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan mutu dan kualitas hidup serta mencegah terjadinya komplikasi yang berkelanjutan," jelas Kepala Puskesmas Kuala, H. Muhammad Syum, SKM. MM.

Lanjut H Muhammad Syum, UPT Puskesmas Kuala Enok mengajak Kader Pendamping disetiap Desa wilayah kerja Puskesmas Kuala Enok untuk ikut serta dalam pendampingan para penderita DM dan Hipertensi.

"Tujuan dari pendampingan ini agar seluruh penderita DM dan Hipertensi dapat kita kontrol dan rutin berkunjung ke Puskesmas untuk memeriksakan kesehatan dan pengambilan terapi obat," pungkasnya.(Advertorial)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar