Ledakan Kilang Minyak Pertamina di Dumai, Kapolda Riau Ungkap Penyebab Ledakan

Ledakan Kilang Minyak Pertamina di Dumai, Kapolda Riau Ungkap Penyebab Ledakan

Nusaperdana.com, Dumai - Ledakan di PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) II Dumai dipicu lepasnya H2 di area pipa suction discharge yang menimbulkan kilatan hingga terbakarnya Unit Hydro cracker (HCU).

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal sudah melakukan pengecekan langsung ke PT KPI RU Dumai pada Minggu (2/4).

Sesampainya di lokasi, Irjen Iqbal langsung melakukan peninjauan ke lokasi kilang minyak yang terbakar.

Setelah itu dia mengadakan rapat dengan Dirut PT KPI RU Dumai Taufik Adityawarman, Direktur Ops VP CorSec, General Manager PT KP RU II Dumai, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas, PJU Polda Riau, Wali Kota Dumai, Dandim 0320/Dumai, ran Kapolres Dumai.

"Kejadian ledakan yang terjadi disebabkan oleh terjadinya release H2 di area pipa Suction Discharge Area yang menyebabkan flash serta terbakarnya Unit Hydro cracker (HCU),” kata Irjen Iqbal saat dikonfirmasi JPNN.com.

Irjen Iqbal mengatakan kebakaran dapat dikendalikan dan dilokalisir dalam waktu 9 menit di lokasi yang terbakar.

"Karakteristik kebakaran adalah hidrogen, sehingga menghasilkan gelombang udara dan suara yang dahsyat yang berdampak pada lingkungan sekitar,” jelas Irjen Iqbal.

Mantan Kadiv Humas Polri itu menyebut saat ini dilakukan shutdown dan recovery plan dari unit hydro cracker yang terbakar di area kilang minyak Pertamina KPI RU II Dumai.

Kilang minyak itu meledak pada Sabtu (1/4) sekitar pukul 22.45 WIB. Akibatnya rumah-rumah warga yang berada di sekitar lokasi Kilang Minyak PT Pertamina Internasional Unit II Dumai, ada yang rusak. Setidaknya ada sembilan orang mengalami luka ringan akibat insiden tersebut.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar