Lembang Kole Barebatu Wakili Tana Toraja Berkompetisi pada Lomba Kampung Tangguh Nusantara


Nusaperdana.com, Tana Toraja - Tim Penilai Kampung Tangguh Nusantara dari Polres Tana Toraja telah menetapkan hasil penilaian nya terhadap 5 Lembang yang ada di Kab  Tana Toraja yang mengikuti pembentukan Kampung Tangguh Nusantara. 

Lembang Kolebarebatu yang berada di wilayah kecamatan Malimbong Balepe, menjadi Lembang yang terpilih oleh tim Penilai untuk mengikuti lomba Kampung Tangguh Nusantara di tingkat Polda Sulsel. Selasa (16/06/2020).

Penetapan Lembang Kolebarebatu ini pun di sambut dengan suka cita oleh warga setempat, bahkan Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae bersama Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM , dan Komandan Kodim 1414/Tator Letkol. Czi Zainal Arifin, M(Han) menyempatkan waktu hadir pada acara penetapan lembang Kolebarebatu menjadi Kampung Tangguh Nusantara dan berhak untuk mengikuti lomba Kampung Tangguh Nusantara tingkat Polda Sulsel.

Atas keberhasilannya, Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae dengan suka cita menyerukan kepada seluruh Lembang yang ada di Kab. Tana Toraja untuk mengikuti jejak Lembang Kolebarebatu, " wujudkan setiap Lembang menjadi Kampung Tangguh Nusantara dalam menghadapi masa pandemi corona ". Di kutip dari seruan Bupati Tana Toraja.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto saat di konfirmasi menjelaskan tujuan dari pembentukan Kampung Tangguh Nusantara.

" Pertama kami ucapkan selamat atas terpilihnya Lembang Kolebarebatu sebagai Kampung Tangguh Nusantara di Kab. Tana Toraja, dan berhak untuk mengikuti lomba Kampung Tangguh Nusantara di tingkat Polda Sulsel, antusias seluruh warga untuk memenuhi kriteria dari Kampung Tangguh Nusantara sungguh sangat kami hargai dan hormati, kami salut sekali ". Kata Liliek Tribhawono.

Sambungnya lagi, tujuan dari pembentukan Kampung Tangguh Nusantara ini adalah untuk membentuk sebuah kampung yang mampu bertahan, mampu beradaptasi dengan kondisi pandemi Corona, bahkan sampai memiliki kemampuan untuk mengembangkan seluruh sumber daya ketahanan pangan menjadi komuditas yang produktif dan berdaya saing kuat dalam menopang ekonomi warganya.

" Kemampuan bertahan dan beradaptasi dengan kondisi pandemi Corona yang di maksud disini adalah kedisiplinan warga dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan covid, warga disiplin menggunakan masker, disetiap rumah memiliki sarana cuci tangan bagi tamu, disiplin memproteksi diri dengan memperhatikan jaga jarak aman, memiliki pelayanan kesehatan yang siap tanggap, dan punya situasi Kamtibmas yang kondusif ". Jelas Liliek.

Dan yang tidak kalah pentingnya, Kampung Tangguh Nusantara ini mengajak warga untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki menjadi komoditas ketahanan pangan yang produktif ditengah kondisi pandemi Corona.

" Ditengah kebijakan pemerintah yang secara bertahap akan menerapkan tatanan new normal life, keberadaan Kampung Tangguh Nusantara ini akan menjadi pelopor bagaimana cara menjalani tatanan kehidupan bermasyarakat dalam menghadapi pandemi Corona ". Ujar Liliek.

Seperti harapan Bupati, Kapolres Tana Toraja juga berharap setiap Lembang mampu mewujudkan semangat dari Kampung Tangguh Nusantara menuju tatanan baru new normal life.

Perlu diketahui, pembetukan Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan program dari Polri yang bertujuan untuk menyiapkan warga masyarakat untuk menyongsong new normal life, sekaligus sumbangsih nyata Polri kepada masyarakat, bangsa dan negara menyambut Hari Bhayangkara ke-74 yang bertemakan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif.

Selamat untuk Lembang Kolebarebatu, dan Selamat Hari Bhayangkara ke-74. (caverius adi)

Sumber: Humas Polres Tana Toraja



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar