Makin Tingginya Peredaran Narkoba di Siak, Sekda Ingatkan Para Orang Tua Untuk Mengawasi Anak-Anak Mereka di Rumah


Nusaperdana.com, Siak - Di sela pemusnahan barang bukti sabu dan ganja hasil tangkapan Polres Siak Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman, Ungkap Kekhawatirannya tentang  peredaran narkoba di Siak masih tinggi, untuk mencegah barang haram ini terus meluas di tengah masyarakat, ia mengingatkan agar permasalahan ini tidak diserahkan semua kepada pihak penegak hukum. Selasa (25/5/21) di panggung Siak Bermadah

"Semua pihak harus berkolaborasi menyelesaikan persoalan, kita bermula dari rumah dan diminta kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak ikut terjerumus di barang haram narkoba ini," kata Arfa.

Arfan mengatakan, mengingat Kabupaten Siak berbatas dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, serta dekat di wilayah laut, ada perlunya kewaspadaan itu terus ditingkatkan.

"Jangan serahkan semua kepada pihak keamanan, peran orang tua, tokoh masyarakat, serta tokoh pendidik juga harus ambil peduli dalam hal ini," katanya.

Arfan menginginkan semua elemen harus bersama-sama menghadapi hal ini, karena narkoba ini sudah sangat meresahkan.

Arfan mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Siak untuk menekan peredaran narkoba, telah melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. 

"Masyarakat juga tidak boleh apatis, dan menyerahkan permasalahan ini kepada pihak penegak hukum saja, seperti orang tua harus bisa mendidik dan mengawasi anak-anaknya, agar tidak ikut terjerumus di barang haram narkoba ini," terangnya.

Arfan mengatakan, pendidikan kepada anak harus dimulai dari rumah, orang tua harus mengambil peran untuk pendidikan anak. "Kemudian peran tokoh masyarakat juga dan tokoh pendidik, ini harus menjadi peran," terangnya.

Meski saat ini, lembaga Badan Narkotika Kabupaten (BNK) sudah tidak ada di Siak, melalui beberapa OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Siak terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan, agar generasi anak bangsa bisa terselamatkan dari bahaya narkoba. (Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar