Minta Audiensi, AMI Surati Diskominfo Inhil


Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Aliansi Mahasiswa Inhil (AMI) menyurati Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Kabupaten Inhil. Surat yang dilayangkan AMI, berisikan permintaan penyelenggaraan rapat audiensi bersama Diskominfopers Kabupaten Inhil.

Menurut Koordinator AMI, Satria Pratama, rapat audiensi nantinya akan membahas tentang kebijakan keterbukaan informasi publik, khususnya persoalan transparansi anggaran yang beberapa waktu belakangan mencuat.

"Audiensi juga tindaklanjut dari aksi demo mahasiswa kemarin. Jadi, Kami minta dijadwalkan. Pembahasan akan mengerucut pada publikasi dokumen perencanaan, seperti RKA, KUA-PPAS dan lain sebagainya," ungkap Satria usai menyerahkan surat, Senin (24/8/2020) pagi.

Satria mengungkapkan, harapan dari AMI atas pertemuan ini adalah agar Pemerintah dan DPRD Kabupaten Inhil dapat lebih terbuka kepada publik ihwal proses penganggaran, mulai dari tahap perencanaan, pembahasan hingga realisasinya.

"Jangan ada yang ditutup-tutupi. Masyarakat berhak tahu dan hal ini sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku di negara kita. Melalui transparansi, diharapkan partisipasi masyarakat dalam proses penganggaran dapat lebih optimal, tidak hanya sekedar ikut dalam Musrenbang," pungkas Satria.

Disamping itu, Satria meminta, pihak Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID dapat pro aktif dalam hal publikasi kegiatan penganggaran ini.

"Jangan hanya diam. Ketika diminta data, mengaku tidak punya. Jangan sampai masyarakat kesulitan mengakses informasi. Terus, jangan sampai ketika data diminta secara prosedural, malah tidak ditindaklanjuti dengan beragam alasan yang tak berdasar. Ini akan sangat mengecewakan masyarakat," tukas Satria seraya mengatakan, audiensi akan digelar dalam beberapa hari ke depan.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar