PBB se-Kabupaten Bengkalis Ikut Serta Jaga Kamtibmas

Bersama TNI-Polri anggota PBB ikut pengamanan Gereja

Nusaperdana.com, Duri - Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) di lingkungan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Bengkalis, Riau kian gesit dalam sinerginya bersama TNI/Polri, Pemerintah dan jajaran lainnya dalam menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban di tengah masyarakat (Harkamtibmas).

Hal itu diwujudkan dengan kolaborasi yang dituang organisasi dengan ciri khas "Gorga Batak" ini dalam menjaga keamanan pelaksanaan hari besar unat Kristiani yang telah dimulai sejak Kamis lalu sempena Kamis Putih.

Tak henti, pengerahan personel untuk bersinergi dengan jajaran TNI/Polri dalam pengamanan peribadatan pun dilangsungkan pada pelaksanaan Jumat Agung atau peringatan wafatnya Isa Almasih, Jumat (2/4) lalu.

Bahkan sampai hari, penjagaan pun masih digencarkan di berbagai rumah ibadah pada pelaksanaan momen sakral Paskah 2021. Tak kurang dari ratusan personel bergerilya dalam menjaga keamanan sekitar 103 Gereja yang ada dan tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

"Seluruh satuan tugas (Satgas) mulai dari DPC, PAC, hingga Ranting kita kerahkan untuk menjaga dan mengamankan seluruh gereja yang ada di Bengkalis agar pelaksanaan ibadah mulai dari Kamis Suci, Jumat Agung dan Paskah bisa berlangsung dengan Khidmat," kata Fransisko Sihombing, Ketua DPC PBB Kabupaten Bengkalis, Minggu (4/4).

Untuk memaksimalkan penjagaan, pihaknya bahkan mengerahkan Provost dan Tim Batak Reaksi Cepat (BRC) untuk saling melengkapi di lapangan.

"Semua terlibat, bahkan saya pun ikut berpatroli," kata dia.

Taja Pengamanan Seluruh Hari Besar Umat Beragama

?????Fransisko menegaskan, pihaknya hadir tak hanya berkutat pada internal kesukuan dan satu agama belaka. Dewasa ini, PBB dianggapnya menjadi salah satu organisasi kebanggaan yang siap kapan saja dalam menjaga kerukunan umat beragama dan budaya luhur yang ada di Negeri Junjungan.

Sebagai perwujudannya, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis dan Kodim 0303/Bengkalis guna bersinergi dalam penjagaan keamanan sempena bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

"Kedepan, ibadah puasa dan momen Idul Fitri pun kita kawal keamanannya. Kita bukanlah organisasi yang Rasis atau Agamis. Namun kita berbaur untuk saling merangkul, tentunya kiya tak melupakan budaya Batak yang tegas nan luhur," tegas dia.

"Menjaga kesejukan antar umat beragama, suku dan budaya di tengah keberagaman masyarakat, serta ikut melaksanakan pembangunan yang memajukan adalah cita-cita PBB. Oleh karenanya, semua dan setiap pelaksanaan hari besar keagamaan, kita pastikan tetap hadir di tengahnya. Kita semua bersaudara," tuturnya.

Terpisah, Panglima PBB DPC Bengkalis Adventus Sitorus turut menyakinkan bahwa pihaknya bakal terus berbakti demi kesatuan dan persatuan NKRI sebagai harga mati yang tak bisa ditawar lagi.

"Kita hadir sebagai organisasi yang sejuk dan tegas. Satu rasa dan satu jiwa adalah haluan kita, dan itu tak asal diteriakkan saja. Harus juga dibuktikan dengan aksi kita di lapangan," kata Adventus.

Pantauan di berbagai gereja yang ada di Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, tampak personel Ranting, PAC dan DPC tetap setia dalam mengawal prosesi ibadah Paskah sejak subuh tadi.

Sinergi ini kian harmonis dengan kolaborasi bersama jajaran TNI/Polri. "Kita tetap bersinergi untuk menjaga kesejukan di tengah masyarakat, karena hal itu juga tak bisa ditawar agar tercipta suatu keseimbangan di tengah kehidupan bermasyarakat," ucap Manatar Situmorang, Ketua PBB Ranting Air Jamban, Mandau.

Kapolres Acungkan Jempol

Melihat dan mendengar langsung aksi-aksi PBB DPC Bengkalis yang sangat positif, Kapolres Bengkalis AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT turut bangga.

Ia bahkan mengacungkan jempol atas kolaborasi sinergi yang dituangkan seluruh personel PBB DPC Bengkalis hingga ke jajaran Rantingnya yang ikut bergerilya dalam menjaga keamanan dan kesejukan suasana peribadatan.

"Top lah buat PBB, terima kasih atas kerja samanya dalam pemeliharaan Kamtibmas dan saya bangga akan itu," ucap AKBP. Hendra.

Disinggung terkait wacana keterlibatan PBB dalam Operasi Ketupat sempena Bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang, ia pun membuka lebar gagasan tersebut.

"Kalau memang ada niat dan kesadaran seperti itu, apa yang harus kita halangi? Justru kami sangat menyambut baik rencana aksi itu. Semoga bisa tetap bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Negeri Junjungan kita ini. Bersama, kita pasti bisa," pungkasnya.(Putra



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar