Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0303/Bengkalis

Pembinaan Jaring Mitra Karibia Kodim 0303/Bengkalis

Nusapedana.com,Bengkalis - Pembinaan Jaring Mitra Karib bidang Wanwil Kodim 0303/Bengkalis Triwulan IV Tahun Anggaran (TA) 2022, diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bengkalis dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Bertempat di Aula Makodim 0303/Bengkalis kegiatan tersebut dengan tema "Mewujudkan Binter TNI Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Di Wilayah, Guna Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat, dan Lapor Cepat Bagi Apkowil".

Pemateri dalam kegiatan pembinaan jaring mitra karib tersebut, Plh Pasiter Kodim 0303/Bengkalis Kapten Czi Suratmin, menyampaikan beberapa materi, terkait tujuan dan pedoman, serta tupoksi dari jaring mitra karib Kodim 0303/Bengkalis.

"Dengan adanya forum pembinaan jaring mitra karib, sehingga tercipta hubungan baik. Sekaligus dapat dukungan tugas pokok satuan kewilayahan Kodim 0303/Bengkalis pada umumnya," ucap Kapten Czi Suratmin,  kepada awak media, Kamis (17/11). 

Sementara itu, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik YH, yang diwakili oleh Kasdim Kodim 0303/Bengkalis Mayor Sudiyono dalam sambutannya menyatakan, dibentuknya Jaring Mitra Karib tersebut, sesuai Undang-undang No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI, menegakan, mempertahankan keutuhan NKRI.

"Jadi jaring mitra karib ini, sebagai pembinaan teritorial yang dilakukan TNI, sekaligus untuk mendukung tupoksi TNI dalam pelaksanaan pembinaan teritorial kewilayahan," ucap Kasdim.

Kegiatan pembinaan jaring mitra karib, Lanjut Kasdim merupakan langkah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sebagaimana kita ketahui pemberdayaan wilayah pertahanan diselenggarakan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

"Untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segala bentuk ancaman diantaranya, separatisme, radikalisme, konflik komunal, isu politik, nasional dan lokal. Maka setiap aparat komando kewilayahan harus memiliki kempuan 'Temu Cepat dan lapor Cepat," tegasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan bersifat pembinaan secara terus menerus dengan melibatkan segenap komponen masyarakat sebagai mitra karib, sehingga dapat memberikan data, keterangan atau informasi yang akurat dan bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah Kodim 0303/Bengkalis.

"Semoga dengan terlaksananya kegiatan pembinaan jaring mitra karib Kodim 0303/Bengkalis ini dapat terjalin komunikasi yang baik guna pengambilan keputusan bila terjadi gangguan atau konflik sosial di wilayah. dan mampu mewujudkan kerja sama yang harmonis antara Apkowil dengan semua komponen dari berbagai lapisan masyarakat," pungkasnya.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar