Pemdes Pancur Jaya Berikan Bantuan Ketahanan Pangan Hortikultura 24 Dasawisma

Pemdes Pancur Jaya Bersama 24 Dasawisma

Nusaperdana.com,Rupat – Pemerintah Desa Pancur Jaya, kembali Berikan Bantuan Ketahanan Pangan Hortikultura Kepada 24 Dasawisma Se-Desa Pancur jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Senin (01/08/22) Pagi.

Bersumber dari anggaran Dana Desa tahap 2 tahun 2022, dalam upaya meningkatkan sumber ekonomi masyarakat Pemerintah Desa Pancur Jaya meningkatkan ketahan pangan dengan memberikan sejumlah peralatan pertanian serta aneka jenis Bibit tanaman sayur-sayuran (Hortikultura), pupuk tanaman, pestisida, fungisida, Herbisida, dan lain sebagainya kepada 24 dasawisma Pancur Jaya.

Kepala Desa Pancur Hasan Basri, ST menjelaskan untuk Dana Desa tahap 1 kemaren, juga sudah diberikan bantuan bibit ikan lele kepada warga dalam budidaya perikanan lengkap dengan pakannya, dan ditahap 2 ini Kades kembali memberikan bantuan ketahanan pangan dengan memberikan sejumlah peralatan pertanian serta berbagai jenis Bibit tanaman sayur-sayuran (Hortikultura), pupuk lengkap untuk tanaman, pestisida, fungisida dan Herbisida, guna meningkatkan perekonomian warga.

Berlokasi di Balai Pertemuan Desa, acara dihadiri oleh Hasan Basri, ST Kepala Desa Pancur Jaya, dr. Nelya Sasmita Ketua TP PKK, Tim dari UPT Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Rupat, PPL Rian Pramana Putra, SP dan PPL Suarno, SP, Sekretaris Desa, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPMD, Pendamping Desa Ekonomi, Pendamping Desa Pembangunan, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Ketua Pokja beserta seluruh anggota Dasawisma Sedesa Pancur Jaya.

Acara diawali dengan penyuluhan yang disampaikan langsung oleh PPL Suarno, SP tentang tatacara penanaman tanaman yang baik, Serta memberikan motivasi kepada seluruh warga agar bisa memanfaatkan perkarangan yang ada dalam berkebun sayur.

Kepala Desa Pancur Jaya, Hasan Basri mengatakan Semua bibit tanaman yang diberikan ini akan kami pantau, kami berharap agar kita tidak hanya untuk sekali tanam, tetapi berkelanjutan.

"Bahkan untuk pengolahan lahan, nanti akan kami berikan bantuan bea pegelolaannya, hal ini diharapkan agar setiap dasawisma tetap bersemangat untuk bekerjasama, apabila sudah panen, kami minta kepada ibu-ibu selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga hasil dari tanaman tersebut bisa disisihkan untuk pembelian bibit lagi agar dasawisma kita akan tetap aktif," tukas Hasan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolis dari Kepala desa Pancur Jaya kepada Ketua TP PKK Pancur Jaya untuk diserahkan kembali kepada 24 dasawisma yang hadir. Serta Penyerahan Bibit tanaman anggur kepada sejumlah kelompok tani.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar