Pemerintah Indonesia Evakuasi WNI di Ukraina ke Polandia dan Rumania

Pemerintah Indonesia Evakuasi WNI di Ukraina ke Polandia dan Rumania

Nusaperdana.com - Kementerian Luar Negeri RI telah mengevakuasi sebanyak 25 Warga Negara Indonesia (WNI) di Odessa, Ukraina ke Rumania. Evakuasi itu seiring serangan militer Rusia pada Kamis (24/2).

"Kemarin 25 WNI berhasil dievakuasi dari Odessa ke Bucharest," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Judha Nugraha kepada merdeka.com, Senin (28/2).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, terdapat 6 WNI dan 1 WNA berhasil dievakuasi dari Lviv, Ukraina ke Rzeszow, Polandia. Evakuasi itu juga dilakukan oleh perlindungan WNI KBRI Warsawa.

"6 WNI dan 1 WNA (suami WNI) berhasil dievakuasi dr Lviv, Ukraina ke Rzeszow, Polandia oleh Tim Perlindungan WNI KBRI Warsawa," ungkapnya.

Sebelumnya, Sabtu (27/2) Judha menuturkan para WNI yang berada di Ukraina akan dijemput oleh Kementerian Luar Negeri RI menuju negara sekitar. Mereka semua terus diminta melakukan data diri agar database Kemlu RI tetap update.

"Saat ini tercatat ada 153 orang yang tercatat dalam database terbaru yang dimiliki KBRI Kyiv, di mana 82 berlokasi saat ini di KBRI, WNI dan keluarga," ujar Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha di konferensi pers virtual, Sabtu (27/2).

Selanjutnya ada di 25 WNI di Odessa, kemudian sembilan orang di Chernihiv, empat di daerah Kharkiv dan tiga lainnya ada di Lviv yang dekat perbatasan Ukraina dan Polandia.

Negara-negara tujuan evakuasi adalah Polandia dan Rumania.

"Kita juga telah menyiapkan pesawat dan tim evakuasi sebagai upaya antisipasi ketika nanti para WNI kita sudah bisa direlokasi. Bukan hanya di titik-titik safehouse, namun juga kita bawa keluar menuju ke Polandia atau Rumania," jelas Judha.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar