Pemkab Siak Ajukan Tambah Vaksin 100 Ribu Dosis


Nusaperdana.com,Siak--Bupati Siak Alfedri mengatakan realisasi target herd immunity terhadap Covid-19 di kabupaten Siak bergantung pada beragam hal. Mulai dari ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat, hingga percepatan dan perluasan sentra vaksin.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, total sasaran vaksin Covid-19 di kabupaten Siak baru mencapai 30 persen dari total jumlah penduduk kabupaten Siak.

Saat ini Kabupaten Siak berada di level III dengan pasien terkonfirmasi jumlah 9617 orang dan salah satu Kabupaten dengan angka kematian cukup tinggi di Provinsi Riau bahkan pernah masuk Level IV pada Zona Merah.

"Hal itu lah membuat kami menemui Dirjen P2P diterima langsung Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementrian Kesehatan dr Prima Yosephine di dampingi Koordinator imunisasi Iqbal Djakarya. Kami menyampaikan permintaaan tabah vaksin,"kata Alfedri di Jakarta, kamis (4/11/2022).

Ia juga menyampaikan cakupan vaksin Covid-19 di kabupaten Siak untuk Dosis I : 30,08 persen, Dosis II: 19,73 persen. Target Vaksinasi ini terbilang rendah, untuk itu dirinya di dampingi kepala Dinas kesehatan Siak mengajukan permintaan.

"Antusias masyarakat kita cukup tinggi terhadap vaksin, tentu kita mengajukan permintaan vaksin Covid-19 sebanyak 100.000 Dosis yang akan disebarkan nantinya ke 14 Kecamatan,"ujarnya.

Terpisah Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Prima Yosephine menjelaskan akan mengupayakan pemberian vaksin untuk kabupaten siak secara bertahap.

"Insyaallah, kami akan mengutamakan pengiriman 100.000 dosis untuk kabupaten Siak karena kata pak bupati tadi masyarakat di Siak antusiasnya cukup besar untuk divaksin. Kita harapkan 100 ribu vaksin akan turun dari Kemenkes secara bertahap."kata Dia.

Ia minta kabupaten Siak nantinya menyiapkan stategi agar di bulan Desember nanti, tidak terjadi lonjakan kasus Covid 19.

"Kita doakan sama-sama semoga tidak ada lonjakan kasus covid 19 ini hingga nantinya kabupaten Siak dapat mencapai level 1,"tutupnya.(HumasSiak/Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar