Petugas Gabungan Berjibaku Memadamkan Api di Desa Redang Kec. Rengat Barat


Nusaperdana.com, Inhu - Petugas gabungan dari Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu), TNI Polri, Manggala Agni, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), masyarakat dan perusahaan bersama-sama melakukan pemadaman api di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu. Berdasarkan data dari KPBD Inhu, pemadaman sudah berlangsung semenjak Minggu (21/3/2021). 

Kepala KPBD Inhu, Ergusfian. S, sos merincikan jumlah pasukan yang turun melakukan pemadaman. 

"Ada 31 orang personil yang turun melakukan pemadan, antara lain Polsek Rengat Barat 2 personil, yang dipimpin Iptu P Daulai, Koramil 01 Rengat 3 personil dipimpin oleh Serka Safril, Manggala Agni Daops Sumatera VII 8 personil dipimpin oleh Ka Regu 1 Sarwoto, KPBD Inhu 4 personil, dipimpin oleh Danru Anton, BKSDA 5  personil, KPH Indragiri 3 personil, MPA Desa Redang 2 personil dipimpin oleh Ketua MPA Desa Redang Sholeh Supriatna dan Regdam PT.MKS 4 personil," kata Ergusfian. 

Kondisi medan merupakan lahan gambut dan sulit diakses. Terlebih lagi hujan pada Selasa (23/3/2021) malam membuat akses jalan menjadi berlumput dan sulit untuk dilalui.

"Kondisi dan akses jalan untuk menuju titik api hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan sangat becek dikarenakan diguyur hujan malam semalam dan sangat sulit dilalui," katanya. 

Untuk menuju lokasi petugas juga harus berjalan kaki lebih kurang satu kilometer. Sementara untuk kendaraan roda empat hanya dapat digunakan sampai di jalan poros.

Ergusfian menerangkan luas lahan yang terbakar kurang lebih mencapai lima hektar. Lahan tersebut merupakan areal perkebunan kelapa sawit yang berbatasan  dengan hutan penyangga. Hingga Rabu (24/3/2021) sore tadi api berhasil dipadamkan. Namun petugas tetap akan melakukan pemantauan guna mencegah timbulnya titik api baru di lokasi tersebut. (Karto)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar