Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan, Irjen Iqbal : Polda Riau Siap Amankan Proses Pemilu Termasuk Tahapan Kampanye

Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan, Irjen Iqbal : Polda Riau Siap Amankan Proses Pemilu Termasuk Tahapan Kampanye

Nusaperdana.com, Pekanbaru -Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar apel Satgas Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 tahapan II pengamanan kampanye, Selasa (28/11/2023) petang.

Apel yang dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal ini, dipusatkan di halaman Markas Polda Riau di Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru.

Dalam kegiatan apel ini, tampak Irjen Iqbal mengecek langsung kesiapan dari personel maupun peralatan pendukung pengamanan tahap kampanye Pemilu 2024.

Irjen Iqbal ingin agar para personel jajarannya dapat memahami apa yang harus dilakukan saat bertugas.

"Apel kesiapsiagaan ini sengaja kami menginisiasi, karena momentumnya kampanye sudah dimulai, artinya operasional sudah dimulai," ujar Irjen Iqbal.

"Kemarin kan kita sudah gelar apel pasukan Operasi Mantap Brata, tapi belum banyak operasionalnya. Hari ini sudah operasional. Sudah ada calon legislatif yang sudah memanfaatkan momentum, sampai kampanye di Dumai dan Bengkalis," imbuh mantan Kadiv Humas Polri tersebut

Ditegaskan Irjen Iqbal, dirinya mengecek semua satgas yang ada. Mulai dari Power on Hand, Preventif, Gakkum, Banops, dan lain-lain.

"Tadi saya cek jumlahnya, langsung saya cek by name by address, apa tugasnya, semua. Apa yang boleh dan tidak boleh (dilakukan). Alat-alat pengamanan kepolisian juga saya cek," jelas Kapolda Riau.

Diungkapkan mantan Wakapolda Jatim ini, dari hasil pengecekan, ia menilai semua jajaran baik dan tangkas. Hanya beberapa yang masih ada kesalahan, dan itu langsung dikoreksi oleh Irjen Iqbal.

Bahkan, Irjen Iqbal juga menanyakan langsung soal dukungan anggaran bagi personel yang bertugas.

"Hal ini menunjukkan bahwa Kepolisian Daerah Riau sudah siap menjamin keamanan, situasi kondusif, guna mewujudkan Pemilu yang aman, damai, beritegritas, bermarwah, Insya Allah penuh berkah," ungkap Perwira Tinggi Polri jebolan Akpol 1991 ini.

Ia berujar, setiap hari seluruh personel juga dilatih untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam bertugas.

"977 personel hari ini siap siaga melaksanakan pengamanan pelaksanaan tahap kedua Operasi Mantap Brata, yakni kampanye. Ini berjalan sampai 31 Desember 2023. Nanti 1 Januari 2024 sampai 10 Februari 2024 akan ada kampanye tahap ketiga yaitu pertemuan terbuka, ada di lapangan. Ini akan diantisipasi. Potensi kerawanan mungkin akan lebih tinggi sedikit, meningkat," papar eks Kapolda NTB ini.

Maka dari itu diungkapkan Irjen Iqbal, selainnya dirinya, ada pula masing-masing kepala satgas (Kasatgas) yang akan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap para personel.

"Tidak berhenti sampai di sini, kita lakukan terus. Kasatgas juga harus menjaga dan meyakinkan apa yang mereka (personel) harus lakukan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Irjen Iqbal turut menyampaikan apresiasi kepada jajaran yang sejauh ini sudah menjalankan tugas dengan baik.

"Tahun politik ini, mari kita jaga dan jamin keamanan dan kenyamanan masyarakat. Insyaallah penuh integritas dan marwah, dijaga secara detail," pesannya.

Ia pun mewanti-wanti jajaran untuk tidak menciderai nama baik institusi Polri selama pelaksanaan tugas.

Personel diminta bertindak humanis dan sesuai SOP, serta dapat memahami sejumlah aturan yang ada. Mulai dari Undang-undang, PKPU, Peraturan Kapolri, dan sebagainya.

"Jaga sikap, jaga ucapan, jangan arogansi, jadilah pelindung, dan pengayom masyarakat. Jangan sakiti hati masyarakat," tutupnya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar