Terkait Penanganan Pandemi Corona virus Diseanse di Kabupaten Bengkalis

Pj Bupati Bertemu KA Puskesmas dan Paparkan Perkembangan Covid-19 dengan Gubri


Nusaperdana.com, Mandau - Sebelum dilaksanakan kunjungan kerja Gubernur Riau dalam rangka Rapat Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi terlebih dahulu melaksanakan pertemuan bersama Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Bengkalis, Jum'at (23/10/2020), di Ruang Rapat Kantor Camat Mandau. 

Pertemuan tersebut diawali perkenalan dari masing-masing Kepala Puskesmas, kemudian dilanjutkan dengan arahan dan harapan dari Pj Bupati Bengkalis. 

Dalam Arahannya Pj Bupati Syahrial Abdi mengatakan dilapangan beban penanganan Covid-19 ada di puskesmas. Kami sudah buat surat, untuk mengaktifkan kembali satgas di Kecamatan, alhamdulillah hari ini sudah di tandatangani. 

"Hari ini tracing penegakan disiplin menjadi beban Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas sangat di butuhkan, dalam penanganan kasus ini jangan bekerja masing-masing kita harus bekerja tim", kata Syahrial. 

kepada tim satgas saya ingin menata hubungan kerja yang baik, salah satunya dalam penanganan tersebut kita perlu melaksanakan evaluasi mingguan, dari data yang kita lihat terdapat tiga kecamatan yang saat ini kasus peningkatan semakin meningkat yakni Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bathin Solapan.

"Dengan adanya peningkatan tersebut kita rencanakan akan melaksanakan PSBM Lokal, namun keputusan tersebut harus menunggu keputusan dari Gubri", ungkapnya. 

Kemudian dari masing-masing Kepala Puskesmas memberikan gambaran terkait pelaksanaan PSBM tersebut diharapkan lintas sektor harus diperkuat baik di Kecamatan maupun di Kelurahan, Pelaksanaan peserta keramaian harus kita perketat. 

Usai pertemuan bersama Kepala Puskesmas se- Kabupaten Bengkalis Pj Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi Menghadiri Kunjungan Kerja (Kunker) Gubenur Riau H.Syamsuar bersama Rombongan di Gedung Bathin Betuah, Kantor Camat Mandau.

Saat Acara tersebut Pj Bupati H. Syahrial memaparkan Pandemi Covid-19 saat ini dinilai masih meningkat dalam penularannya kepada masyarakat,  di Kabupaten Bengkalis pertanggal 22 Oktober 2020, ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 22 orang sehingga total terkonfirmasi sebanyak 634 kasus.

Ia menjelaskan saat ini yang diisolasi di rumah sakit 30 orang, isolasi didiklat 11 orang dan isolasi mandiri dirumah sebanyak 257 orang. sedangkan yang sembuh sebanyak 322 orang, meninggal sebanyak 14 orang.

"Kabar baiknya pada tanggal 22 Oktober 2020 terdapat 11 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang sembuh dengan total kesembuhan keseluruhan sebanyak 634 kasus", ungkap Abdi. 

Lebih lanjut Abdi menambahkan untuk Kabupaten Bengkalis ada tiga Kecamatan yang sudah zona Merah yakni Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bathin Solapan. Kemudian untuk ketersediaan kesehatan Dokter sebanyak 274 orang, perawat/bidan 694 orang kesehatan lain 226 orang dan non kesehatan 336 orang serta tempat isolasi terpadu kita persiapkan di gedung BSDM (Diklat) dan gedung BLK Disnaker Kecamatan Mandau. 
 
Sementara itu Gubernur Riau H Syamsuar dalam arahannya meminta kepada tim satgas Kabupaten Bengkalis untuk bekerja dari Hulu ini langsung intruksi dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar, kita jangan bekerja seperti dahulu ini kondisi kita semakin mencekam. 

"Ada tiga strategi penanganan Covid-19 di Provinsi, yakni perubahan prilaku dan deteksi awal penyebaran Covid-19 kemudian pembangunan pusat-pusat karantina dan isolasi serta menjamin perawatan Covid-19", kata Syamsuar. 

Kemudian Gubri berharap Kepada TNI, Polri, Satpol-PP agar melaksanakan operasi yutisi (Polri) dan simpatik untuk menegakkan Protokol kesehatan yang di bantu dengan IT serta melakukan testing dan tracing yang tepat sasaran. 

Hadir pada kegiatan tersebut Dirsamapta Polda Riau Kombes Pol Faried Zulkarnaen SIK, Ketua Perhimpunan Ahli Terminologi Provinsi Riau dr. Wildan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi, Asisten 1 Provinsi Riau Jenri Ginting,  Asisten II H.Heri Indra Putra, Sekretaris Satgas Tajul Mudaris, Kadinkes dr. Ersan Saputra, Dirut RSUD Mandau Sri Sadono M.Han, Kabag Prokopim Muhammad Fadhli, Kabag Umum Alfakhrurrazi dan serta Camat Se-Kabupaten Bengkalis, Forkopimda Kecamatan Mandau dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Bengkalis. (Infotorial/putra)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar