PJ Bupati Kampar: 87 Desa Pendidikan Harus Jadi Pelopor Limpah Kumandang Menuju Desa Ekowisata RAPPP Pada 2023


Nusaperdana.com, Kampar, -  Tumpukan kemasan pop mie bercampur aduk dengan sampah lainnya terlihat menggunung di beberapa titik keramaian jelang tahun baru 2023.  

 

"Keren Bang tempatnya. Selain flying fox, abang bisa menjadi  pelopor gaya hidup hijau disini. Setiap pengunjung harus bawa tumbler dan pastikan disini tak ada yang menjual air dalam kemasan. Pengunjung diminta infak seikhlasnya untuk isi ulang air minum. Infak yang terkumpul untuk Limpah Kumandang, "Ujar Yanti Kerlip kepada pemilik salah satu destinasi wisata.  Limpah Kumandang akronim dari Lihat Sampah Kurangi Manfaatkan Daur Ulang 

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud), David Hendra mengajak Tim Sigap Kerlip Indonesia (SKI) Kampar untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekeliling Bangkinang Kota sesuai arahan Kepala Disparbud. 

"Pengunjung dari Pekanbaru, Dumai, bahkan Jambi memadati lokasi wisata ini. Kami pernah menghitung pengunjung kesini. Saat ramai begini bisa sampai 30 ribu pengunjung. Para pemilik lahan di sini perlu disadarkan tentang pentingnya budaya siap untuk selamat. Jangan sampai setelah ada kecelakaan baru semuanya bergegas, "ujar David Hendra kepada Pembina SKI, Yanti Kerlip. 

Kabid Pemasaran yang juga Ketua Dewan Kesenian Kampar (DKK) ini mampir di RSUD  menyampaikan titipan Kadisparbud untuk putra ajudan Bupati yang tengah dirawat karena demam. Sebelum mengunjungi destinasi wisata berikutnya. David mengajak Tua, Ranti, dan Yanti menyantap masakan istimewa istri dan ibu mertuanya di rumah panggung mereka.   

"Rumahnya asri dan sejuk. Rendang ayam dan sambal teri kentangnya enak banget. Tua sampai nambah berkali-kali, "ujar Ranti sambil menyantap hidangan istimewa.. Di balik jendela, ayam-ayam tetangga mengerubuti plastik tempat sampah.  

"Kita minta DLH gesa  Limpah Kumandang sampai ke RT-RW termasuk menyediakan tempat sampah terpilah dan pengolahan sampah berbasis masyarakat. Tim SKI Takalar berhasil mengurangi sampah dari 7 ton menjadi 1 ton per hari disana dan memperkuat kabupaten tersebut meraih predikat Kabupaten Sehat 2019 dan 2021, "imbuh pembina SKI yang juga Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar (GIP) kepada David Hendara 

Kegelisahan Yanti bermula saat jalan pagi menelusuri jalan Ahmad Yani melihat tempat sampah terpilah kurang terawat. Masyarakat di sepanjang jalan tersebut belum terbiasa memilah apalagi mengurangi sampah masing-masing.  

Limpah Kumandang adalah salah satu kegiatan dalam program PJ Bupati Kampar, yakni Riset dan Inovasi Santri Ecosocpreneur (RISE). Para pngelola pondok pesantren di Kampar menyambut antusias lomba kriya Limpah Kumandang yang dilaksanakan oleh Sekretariat Bersama (Sekber) Derapp pada awal Desember 2022. Beragam produk kreasi santri memenuhi ruang Disparbud Kampar. 

Disparbud Kampar juga melaksanakan pelatihan pembuatan kriya Limpah Kumandang dalam rangkaian pelatihan ekonomi kreatif  yang diikuti 120 perempuan penggerak Derappp di Batu Tilam Cottage (8/12/2022).  

PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M menyediakan alokasi anggaran dalam APBD Perubahan 2023 untuk mendukung penuh program Derappp yang ditaja Disparbud Kampar. Tidak hanya itu, Kamsol juga mendukung penguatan kolaborasi ABGC dalam berbagai program dan kebijakan menuju Derappp lainnya.  

PJ Bupati Kampar menyampaikan ucapan terima kasihnya terhadap Direktur PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII)  yang mendukung sarasehan Giat Desa Pendidikan Menuju Derappp. Sarasehan yang ditaja SKI Kampar bersama Disdikpora, DKK, IBI Kampar, Fasilitator Fakar, GIP, dan Perkumpulan Kerlip menghadirkan 87 Kepala Desa Pendidikan, 87 koordinator, dan 57 Kepala OPD, Jurnalis, dan tokoh masyarakat  (26/12/2022).  

"PT PII siap bekerjasama dengan Pak Bupati dalam percepatan pembangunan infrastruktur  dan pendidikan menuju Derappp melalui mekanisme Public Private Partnership maupun CSR yang kami berikan kepada Sigap Kerlip Indonesia, "ujar Wahid Sutopo, Direktur PT PII dalam sambutannya yang ditayangkan sebelum pidato PJ Bupati Kampar dalam Sarasehan tersebut.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar