Program Sapa Desa Salah Satu Upaya Bolo Labuhanbatu

Program Sapa Desa Salah Satu Upaya Bolo Labuhanbatu

Nusaperdana.com, Labuhanbatu - 
Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Labuhanbatu Ir Hasan Heri Rambe pimpin kembali rapat persiapan pelaksanaan kegiatan program sapa desa di ruang rapat Bupati Rabu (1/11).

Rapat tersebut merupakan tindak lanjut rapat rapat sebelumnya berkaitan program sapa desa yang digulirkan Bupati Labuhanbatu dr H Erik Adtarada Ritonga MKM. Dikatakan Hasan Heri program sapa desa merupakan salah satu dari upaya Pemkab Labuhanbatu dalam program Bupati untuk memBolo Labuhanbatu.

Hasan Heri menjelaskan kehadiran program Bupati Sapa Desa bertujuan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, sehingga masyarakat benar benar merasakan kehadiran Pemkab Labuhanbatu di tengah tengah masyarakat.

Ditambahkan Hasan Heri program Bupati Sapa Desa merupakan salah satu upaya untuk penanggulangan kemiskinan ekstrim di desa desa melalui bantuan langsung (BLT) dan lainnya dan bantuan lain dengan tepat sasaran. Mempercepat penurunan stunting di desa, pengustan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, serta melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait kebijakan Pemkab Labuhanbatu.

Hasan Heri kepada instansi instansi terkait agar dapat berkerjasama dalam menjalankan program Bupati Sapa Desa, sehingga program Bupati Sapa Desa dapat berjalan baik dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama  Kadis PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan menerangkan secara rinci Kgiatan program Bupati Sapa Desa. Diantaranya memberikan bantuan sosial, menyalurkan BLT, Dana Desa (DD), Pemberian Bea Siswa, Penyerahan Kartu dan Buku Tabungan Bantuan, Bimbingan perkawinan untuk pasangan calon pengantin, pengcoperan Kartu JKN untuk bayi stunting dan masyarakat, pemberian bantuan ternak dan boat untuk masyarakat pesisir.

Selain itu, disampaikan Abdi Jaya Pohan  akan ada nantinya layanan publik kepada masyarakat, seperti layanan pengaduan konsleling perempuan, layanan administrasi kependudukan, layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, layanan SIM keliling, layanan BPJS keliling, layanan ibadah seperti layanan bimbingan haji. Selain itu juga akan ada penyuluhan dan sosialisasi layanan Surat Ketrangan Tidak Mampu (SKTM), layanan Jaksa menyapa dan layanan ambulance mudah dan murah untuk masyarakat. Dan disampaikan Abdi Jaya Pohan, kunjungan  kedua Bupati Sapa Desa akan dilaksanakan pada tanggal 9 November 2023.

Rapat dilanjutkan dengan diskusi terkait program Bupati Sapa Desa yang diikuti peserta rapat yang hadir.(H Ucok Tandjung).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar