Rang Tiku Baralek Gadang Serta Pelantikan Pengurus dan Generasi IKTMS Duri

Bupati Agam, Bupati Padang Pariaman Bersama Ketua Gempars Tiba di Acara Baralek Gadanng Rang Tiku

Nusaperdana.com,Duri - 'Katiku Bamain-main, Ambiak langgodi Ka patanak, Bialah suku kito balain-lain, Dek sakampuang ateh pado dunsanak', jadi semboyan Rang Tiku Duri dalam acara barelek Gadang serta pelantikan Pengurus iKTMS dan Generasi IKTMS Duri. Ahad (12/12) siang. 

Bertempat di Sekretariat Jalan pertanian Kelurahan Duri Barat, Kecamatan Mandau, acara Baralek Gadang dihadiri tiga kepala Daerah, Wakil Ketua DPRD Bengkalis, serta Ketua IKTMS provinsi Riau dan tamu undangan lainnya. 

Pada acara tersebut Pengurus IKTMS dan Generasi IKTMS Duri dilantik oleh Ketua GEMPAR'S Bengkalis Syaiful Ardi. 

Dalam sambutannya Syaiful Ardi mengatakan kepada tiga kepala Daerah yang hadir, yang dilantik ini orang pasar semua, mencari nafkah di pasa, kata orang lama preman pasar tapi sekarang budayanya kita rubah. 

"Tiap hari dia membawa senjata tajam ,tiap hari dia membawa pisau ,tiap hari dia bawa kapak , tiap hari dia bawa parang tapi mereka tidak pernah melukai orang, ini sifat dan budaya turun temurun kita bawakan dari ranah sana sesuai kata pepatah        mengecek taacok dibawah-bawah itu tetap kami terapkan amanahnya," ucap Syaiful Ardi. 

Jadi kata Syaiful Ardi, kami laporkan bahwa sesuai dengan pesan Bupati Agam dan Bupati Padang Pariaman itu, kami dirantau  mengikutkan irama aja. Seribu cara kami tetap di bawah-bawah sesuai pesan Bupati. Dari kampuang dinasehati urang tuo untuk pai marantau induak samang yang dicari dahulu. Kapalo daerah Bupati Bengkalis itulah jadi induak samang kami.

"Sebelum mencalonkan sebagai Bupati telah kami nobatkan sebagai ketua Bundo kandung kami, jadi la basobok kami induak semang ,Iyo pasan Bapak Bupati tadi memang ka Pai merantau itu selalu dinasehati oleh orang tuonyo," jelas Syaiful Ardi..

Seperti yang ambo sampai kan tadi kok mandi yo, gigiah - gigiah  kok bicaro yo dibawah-  bawah ,memang urang tuo memasankan bia kelaparan dirantau karajo dirumah makan ,itu mangkonyo urang Padang banyak punyo rumah makan, itu Pasan dari kampuang dari Bapak Bupati Kito misal kok lapa induak samang di cari dahulu tapi untuk karajo karajo lah dirumah makan kok paruik insyaallah kanyak, kalau Budi Beko lah Kito pikia, jadi itu yang tetap kami terapkan itu mangkonyo urang Padang banyak punyo rumah makan Padang Inyo takuik anak nyo kelaparan dirantau urang. 

Selamat kepada yang telah kita lantik tadi semoga bisa membawa organisasi ini lebih baik untuk kedepannya, karena persatuan ini persatuan sosial, memang menjaga organisasi ini lebih susah daripada membuat organisasi, jadi harapan kami kepada ketua jalankan lah organisasi ini sebaik-baiknya jaga Marwah PKDP  karena budaya kita budaya PKDP dan juga jaga Marwah Bupati Agam karena teritorial nya kita ini terletak di Agam.

Syaiful juga mengajak seluruh pengurus  yang baru di kukuhkan ini, Baa kecek urang dima bumi dipijak, di situ langik di junjuang, mari kito dukung program pemerintah kabupaten Bengkalis ini demi terwujudnya Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera (Bermasa). 

"Jadi ini sedikit pesan saya Kepada ketua, yang mana tiga syarat jadi ketua yang pertama sehat hati , yang kedua sehat pikiran, yang ketiga baru sehat badan," pesan  Syaiful. 

Sementara itu Ketua Generasi IKTMS, Tasril usai dikukuhkan mengucapkan terimakasih kepada ketua GEMPAR'S beserta jajaran yang telah melantik kami sebagai generasi IKTMS, semoga amanah dan tugas yang diberikan dapat kami jalankan dengan baik. 

"Namun bak kato urang awak, Darah satampuak pinang, Umua satahun jagung sudah tentu banyak kekurangan kepada kami yang muda muda ini," ucap Tasril dengan bahasa minang. 

Oleh karna itu, tambah Tasril mohon bimbingan dan arahan dari niniak mamak kami, pengurus PKDP,  pengurus GEMPAR'S, terutama pengurus IKTMS, semoga dengan bersinerginya kita segala program-program yang akan kami ciptakan nantinya dapat berjalan dengan baik. 

Diakhir acara Pengurus IKTMS dan Generasi IKTMS Duri memberikan cendramata berupa Tanjak khas Bengkalis kepada Bupati Agam dan Bupati Padang Pariaman yang di serahkan oleh Ketua LAMR Kecamatan Mandau.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar