Resep Klepon Isi Gula Aren yang Legit Lumer

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Jajan pasar murah ini rasanya kenyal gurih dengan isian gula aren yang lumer. Terlihat mudah tetapi perlu perhatikan tipsnya agar hasilnya memuaskan:

Klepon merupakan salah satu jenis jajan pasar. Dibuat dari tepung ketan dengan isian gula merah dan balutan kelapa. Seperti jajan pasar pada umumnya, bahan dan cara membuat penganan ini cukup mudah. Namun, ada beberapa trik yang perlu dicermati.

Yang umum dialami adalah isian gula merah tak bisa meleleh, masih keras berbentuk gumpalan gula merah yang keras. Hal ini disebabkan oleh pilihan gula Jawa yang kurang tepat. Gula merah atau gula Jawa yang diberi campuran gula pasir teksturnya keras dan sulit meleleh jika dikukus.

Karena itu pilih gula aren yang teksturnya lembek, rasanya legit, aromanya wangi. Jika disisir halus dan dijadikan isian klepon, gula ini mudah leleh dan tak ada sisa gumpalan gula. Gula aren dari berbagai daerah di Indonesia terkenal bagus kualitasnya dan harganya terjangkau.

Untuk balutan klepon, pilih kelapa yang cukup muda, kupas dan serut memanjang dengan parutan kelapa. Setelah itu aduk dengan sedikit garam agar gurih rasanya. Kukus dalam kukusan panas selama 20 menit lalu dinginkan.

Konsistensi adonan klepon tergantung pada kondisi tepung ketannya. Jika kondisinya kering sekali maka takaran air harus ditambah. Tetapi jika tepung ketan agak lembap, jumlah air harus sedikit dikurangi. 

Berikut ini tahapan membuat klepon isi gula aren yang legit meleleh.

Resep Klepon Isi Gula Aren 

Bahan:
500 g tepung ketan
1 sdm air kapur sirih
1 sdt sdt garam
100 ml air endapan pandan suji
300 ml air matang
Isi:
250 g gula aren, sisir halus
Lapisan:
250 g kelapa parut memanjang
1 sdt garam

Cara membuat:

1. Lapisan : Aduk rata kelapa parut dengan garam. Kukus dalam kukusan panas selama 20 menit. Angkat dan dinginkan.
2. Taruh tepung keran dan garam dalam mangkuk/baskom, aduk rata.
3. Tambahkan air endapan suji dan air kapur sirih, aduk rata.
4. Tuangi air secara bertahap sambil aduk dan uleni adonan hingga kalis. Sesuaikan jumlah air dengan kondisi tepungnya.
5. Ambil sejumput adonan, bulatkan lalu pipihkan, tekuk sedikit ujungnya, isi dengan gula aren. Tutup rapat dan bulatkan.


6. Hati-hati saat membulatkan adonan, usahakan benar0benar rapat agar tak ada gula yang bocor saat direbus.
7. Didihkan air bersama beberapa lembar daun pandan. Masukkan bola-bola klepon ke dalam air rebusan pandan dan rebus hingga mengapung.


8. Angkat, tiriskan dan gulingkan segera ke dalam kelapa parut hingga terbalut rata.
9. Taruh atau susun dalam takir daun pisang dan sajikan.

Untuk 12 porsi

Tips:

• Saat membentuk bola-bola adonan ketan, jaga adonan tetap lembap. Selalu tutup sisa adonan dengan serbet bersih. Jika bola adonan agak kering akan pecah saat direbus.
• Untuk membalut dengan kelapa parut harus dilakukan segera setelah klepon ditiriskan. Jangan membiarkan bertumpuk karena bola klepon akan lengket satu sama lain dan pecah saat dibaluti kelapa parut.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar