Respon Instruksi Bupati, Camat Bilah Barat Rapat Persiapan Pilkades

Respon Instruksi Bupati, Camat Bilah Barat Rapat Persiapan Pilkades

Nusaperdana.com, Labuhanbatu - Camat Bilah Barat M. Noor Putra BF ST, mengadakan rapat untuk mempersiapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, di desa yang ada di Kecamatan tersebut, Selasa (9/8/22) di aula kantor Camat.

Rapat itu merespon instruksi Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM dalam rapat sebelumnya tentang Pilkades di kantor Bupati Labuhanbatu yang salah satu amanatnya menekankan kepada para Camat untuk bersikap pro aktif dalam pelaksanaan Pilkades.

Menurut M. Noor, di Kecamatan Bilah Barat terdapat 5 (lima) desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022 ini.

"Yaitu Desa Janji, Sibargot, Tanjung Medan, Tebing Linggahara Baru dan Tebing Linggahara Lama" katanya.

Pelaksanaan Pilkades serentak itu sendiri, sambung M.Noor, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022 mendatang.

Dia mengatakan ,dalam rapat ada beberapa hal yang dibahas terkait Pilkades, yakni persiapan pembentukan panitia,  memberikan arahan kepada Badan Perwakilan Desa dan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa.

Dia menghimbau Pjs Kepala Desa dan BPD mensosialisasikan Pilkades dengan menggandeng tokoh-tokoh masyarakat, termasuk dalam pendataan pemilih. Harapannya, seluruh warga yang berhak memilih terdata sehingga dapat menggunakan hak pilihnya.

Masyarakat juga dihimbau untuk bersikap pro aktif untuk mendata diri kepada panitia, agar terdata sebagai pemilih daftar pemilih tetap (DPT).

Kemudian, dia juga meminta agar Daftar Pemilih Sementara (DPS) dipajang di tempat-tempat umum di desa masing-masing. Tujuannya, jika ada warga yang belum terdaftar dapat segera mengetahuinya untuk segera mendaftarkan diri.

"Dengan demikian, jika ada warga yang protes, itu dilakukan sebelum tahapan. Jangan protes sesudah tahapan berjalan. Masyarakat pun harus berperan aktif dalam pendataan. Jangan saat petugas mendata kerumah, orangnya tidak dapat ditemui" imbuhnya.

Dia juga meminta, agar dalam pelaksanaan Pilkades, warga tidak menggunakan atribut-atribut organisasi seperti perwiritan, organisasi masyarakat dan organisasi lainnya yang ada di desa masing-masing.

"Kalau pun mendukung salah satu calon, jangan bawa atribut-atribut organisasi" pintanya.

Rapat itu dihadiri para Bhabin Kamtibmas, Babinsa, Pj Kades dan BPD desa-desa yang melaksanakan Pilkades.(LB)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar