Tak Tersentuh Bantuan, Begini Potret Rumah Nenek Yamini


Nusaperdana.com, Aceh Singkil - Harapan rumah sehat dan nyaman untuk berteduh tentu menjadi keinginan setiap orang. Setidaknya hal itu pulalah yang tergambar di benak nek yamini, keluarga miksin di dusun 4 sanggaberu blok 15.

Rumah papan yang begitu lapuk berukuran 6 x 8 meter milik keluarga yamini rupanya sudah mulai rapuh. Bahkan, kayu pengait jendela kamar pun sebagian sudah terlepas dari bingkainya. Tak hanya itu, dinding rumah yang berbahan kayu semoengan juga terlihat rapuh.

Miris, kondisi seperti itu semakin diperparah lagi karena selama ini keluarga Aisyah jarang tersentuh perhatian pemerintah setempat. “Tidak ada bantuan, BLT juga enggak dapat, li” tutur yamini, Sabtu (18/04/2020).

“Memang sekarang sudah di rumah sendiri, tapi ya begini kondisinya. Ingin memperbaiki rumah, tapi mau gimana lagi, namanya juga enggak punya, buat kebutuhan sehari-hari saja masih kurang,” tambahnya

Saat ini, untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari  hanya mengandalkan hasil kerja anaknya Aswir (37) yang bekerja sebagai buruh kasar di salah satu tobong batu bata.

Amin Sandra, selaku Kepala Kampung mengakui memang ada beberapa keluarga miskin di lingkungannya yang memerlukan bantuan. Hanya saja ia sendiri merasa bingung, karena tidak tau menahu secara persis adanya bantuan PKH atau program bantuan sosial lainnya.

“Saya juga kasihan sama nenek-nenek jompo yang ada di lingkungan sini, sama tidak ada bantuan rehab rumah layak huni, dalam hal ini akan kita lakukan koordinasi kedinas terkait agar segera sama-sama mendata dan turun langsung kewarga yang layak menerima bantuan" pungkasnya

Disamping itu Syafrizal Manik, Aktifis Ormas Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Aceh Singkil berharap Para Kepala Kampung, melalui BLT yang diwacanakan dengan Dana Desa nanti mampu mengakomodir keluarga dengan ekonomi menengh kebawah sesuai yang diharapkan dan tepat sasaran "keluarga yang seperti ini (Nenek Yamini), seharusnya dapat diakomodir nantinya. BLT Dana Desa harus tepat sasaran, kita harap begitu dan kita akan ikut mengawasi" tegasnya. (sulaiman)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar