Tingkatkan Produksi padi Untuk Mendukung Ketahanan pangan Nasional


Nusaperdana.com, Pekaitan – Bersama Kodim 0321 Rohil, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir gelar panen raya padi di areal pertanian Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan pada Rabu (1/11/2023).

Kegiataan panan raya padi dengan mengusung tema “Dengan Panen Raya Padi Kita Tingkatkan Produksi Untuk Mendukung Ketahanan pangan Nasional” itu dilaksanakan secara serentak dan di buka oleh Wakil Presiden RI H. Ma’ruf Amin serta di ikuti Kabupaten/Kota secara Virtual.

Panen raya padi ini juga dihadiri anggota DPRD Rohil Krismanto, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, para Asisten, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Ketua Persit KCK Cab LXXVI Kodim 0321 Rohil Ny.dr.Mery Nugraha Yudha Prawiranegara, para Kepala OPD, Camat, Kapolsek Bangko, Datuk Penghulu serta berbagai unsur lainnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dandim 0321 Rohil dan seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam memberikan pendampingan kepada para petani padi.

Bupati menjelaskan, saat ini sektor pertanian padi sangat menjanjikan kesejahteraan bagi para petani. Sebab dalam satu hektar padi bisa menghasilkan di kisaran Rp 25 juta dalam satu kali panen.

Bupati menerangkan, pelaksanaan panen raya padi di lahan ratusan hektar di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir ini sudah sering dilaksanakan dari sebelumnya. Dimana katanya, lahan tersebut merupakan lahan beting hasil endapan lumpur dan sangat subur dijadikan lahan pertanian padi.

“Tentunya kami juga sangat berterimakasih kepada Pak Dandim atas binaannya kepada kelompok tani kami yang ada di sini melalui para Babinsa sehingga para petani dapat berhasil,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak seluruh petani agar semakin semangat dalam mengelola pertanian khususnya padi. Sehingga, swasembada pangan dapat terpenuhi.

“Kami selaku pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian padi baik dalam segi bantuan peralatan, pupuk maupun bibit padi,” terangnya

besar nya potensi pertanian padi kita, Bupati Rohil berharap agar pemerintah daerah dapat memiliki kilang padi. Sehingga, kabupaten Rohil dapat memperoduksi hasil panen padi sendiri dan menjadi hasil unggulan dari kabupaten Rohil.

Bupati Rohil Afrizal Sintong Juga mengingatkan para petani agar tidak pernah mengalih fungsikan lahan pertanian padi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit maupun lainnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para panitia dan pihak terkait yang telah membantu dan mensukseskan kegiatan panen raya ini. Semoga Kabupaten Rohil terus bisa memantapkan sektor pertanian sehingga menjadi lambung padi,” harapnya. (adv)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar