Wabup Buka Secara Resmi Pelatihan Pra Tugas 66 Kepala Desa Terpilih

Wabup Buka Secara Resmi Pelatihan Pra Tugas 66 Kepala Desa Terpilih

Nusaperdana.com, Rohul - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu, H Indra Gunawan  resmi membuka pelatihan pra Tugas Kepala Desa yang terpilih hasil Pilkades Serentak tahun 2022 yang lalu, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Senin (6/2/2023).

Tampak hadir dalam pembukaan Pelatihan Pra Tugas Bagi Para Kades Terpilih Hasil Pilihan Serentak Tahun 2022, Kapolres Rokan Hulu AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Inspektur Helfiskar, PLt DPMPD Prasetyo, Danramil 02 Rambah, Serta Perwakilan dari Kajari Pasir Pengaraian.

Wakil Bupati menyampaikan arahannya atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang telah terpilih pada helatan Pilkades serentak yang dipilih langsung oleh masyarakat Rokan hulu beberapa waktu lalu.

"Alhamdulilah hari ini saudara dapat hadir disini berkat perjuangan saudara dan tentunya karena adanya dukungan dari masyarakat yang mendukung suadara sekalian hingga dapat duduk mejadi kepala desa untuk 5 tahun yang akan datang, " ungkap Wabup.

Sesuai dengan keputusan Bupati Rokan hulu nomor : kpts.141.1 dpmpd - pemdes / 1063 / 2022 tanggal 29 desember 2022 tentang penetapan Calon Kepala Desa terpilih pada pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Rokan hulu tahun 2022.

"Maka sebelum dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa, terlebih dahulu dilakukan Pelatihan Pra Tugas Kepala Desa terpilih,"Tegas lndra Gunawan.

Dengan adanya pelatihan ini, Kepala  Desa terpilih dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan Perundang-undangan yang berlaku, juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan teknis, pelayanan informasi dan promosi serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara pemangku kepentingan dalam rangka menjalani roda Pemerintahan Desa.

"Bahwa pelayanan kepada masyarakat di tingkat Desa merupakan garda terdepan. oleh karena itu berikanlah pelayanan kepada masyarakat dengan data dan fakta yang jelas apalagi saat ini berbagai jenis bantuan dari Pemerintah untuk masyarakat banyak jenis nya seperi adanya PKH, Bantuan Sosial masyarakat miskin dan lain sebagainya," jelasnya.

Hal ini Kepala Desa tidak boleh tebang pilih dalam menjalankan tugas namun sesuaikan dengan keadaan masyarakat  dan tentunya disesuaikan pula dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Wabup menegaskan, kegiatan Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan integritas sebagai garda terdepan dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Rokan hulu ini untuk itu kepada seluruh Kepala Desa agar dapat memaksimalkan alokasi Dana Desa untuk membangun daerahnya masing-masing. tegasnya.

Wabup menekankan kepada seluruh Kepala Desa agar bisa memaksimalkan alokasi Dana Desa untuk membangun Daerahnya secara transparan dan terhindar dari KKN guna menyesuaikan dengan Visi kita yakni Membangun Desa Menata Kota.

Saat di wawancara media, Wabup juga menyarankan kepada seluruh Kepala Desa yang terpilih dalam mengikuti Bimtek ini harus di ikuti dengan sungguh sungguh ikuti arahan yang disampaikan Nara sumber sehingga dalam mengayomi masyarakat dan menjalankan Roda Pemerintahan Desa dapat dilakukan dengan bijak sesuai dengan aturan aturan yang berlaku dan dapat memajukan Desa masing-masing sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Selanjutnya, PLT Kepala Dinas DPMPD Prasetyo, menyampaikan bahwa tujuan Bimtek bagi Kepala Desa ini adalah agar Para Kepala Desa dapat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Desa selaku garda terdepan dari Pemerintahan.  sebab Kepala Desa merupakan contoh bagi masyarakat secara langsung.

Selain dari pada itu, Para Kepala Desa ini juga akan diberikan Bimtek bagaimana cara pengelolaan Dana Desa dengan baik dan cara memajukan Desa sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga dalam menjalankan tugasnya tidak akan tersesat atau lari dari aturan-aturan yang telah di tentukan.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar