Wabup Dukung BI dan ULB Kaji Penggunaan e-Money di Labuhanbatu

Wabup Dukung BI dan ULB Kaji Penggunaan e-Money di Labuhanbatu

Nusaperdana.com, Labuhanbatu - Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM mengatakan, Pemkab Labuhanbatu mendukung kajian yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) dan Universitas Labuhanbatu (ULB) terkait penggunaan sistem pembayaran non tunai (e-money) di daerah itu.

Dukungan itu dia sampaikan saat membuka secara resmi kegiatan Diseminasi Penelitian Akseptasi QR Code Indonesia Standard (QRIS) Labuhanbatu Raya bersama Bank Indonesia Cabang Pematang Siantar di Ballroom Suzuya Hotel Rantauprapat, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kartini Kecamatan Rantau Selatan Selasa 23/5/2022.

Menurut Wabup,  QRIS adalah cara pembayaran menggunakan sistem digital yang dinilai sangat mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran secara non tunai.

Dia menerangkan, berbagai kemudahan yang akan diperoleh dari sistem pembayaran non tunai yakni masyarakat akan terhindar dari peredaran uang palsu dan transaksi  otomatis tercatat. 

"Bagi dunia usaha ini jauh lebih memudahkan. Dengan transaksi sistem digital atau transaksi tanpa uang atau e-money,  maka akan  meningkatkan daya saing usaha, mengurangi biaya pengelolaan kas, tidak perlu menyediakan uang kembalian untuk pembeli" terangnya.

Karena itu dia , dia meminta agar momentum ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mampu meningkatkan pemahaman kita akan pentingnya cashlees payment (pembayaran tanpa uang tunai) - Qris. 

Kepala Perwakilan BI Cabang Pematang Siantar Teuku Munandar mengatakan, perkembangan teknologi digital begitu pesat, sehingga mau tidak mau masyarakat harus mengikutinya. Jangan sampai tergilas karena  tidak mengikuti perkembangan zaman.

Dijelaskan Teuku, Kehadiran QRIS pada dasarnya untuk membuat transaksi dengan istilahnya CEMUMUAH (cepat mudah, murah, aman handal). Hanya dengan menggunakan smartphone, sudah bisa bertransaksi dimana dan kapan saja.

Diseminasi itu diikuti pimpinan perbankan  Labuhanbatu Raya, Perwakilan Kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu Raya, tim peneliti Universitas Labuhanbatu dan ditandai dengan penyampaian hasil penelitian diseminasi oleh UIKSPPUR- KPw cabang Pematang Siantar Ajhar, dan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab oleh Tim Peneliti Universitas.(IS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar