Warga Bottong Lembang Palesan Digegerkan Penemuan Kerangka Jenazah


Nusaperdana.com, Tana Toraja - Pada hari ini Kamis tanggal 27 Februari 2020 sekitar pukul 10.00 Wita bertempat di lokasi perkebunan kopi warga an. Ruben T.P ( Ambe' Melsi ) di Perbukitan kampung Bottong Lembang Palesan Kec. Rembon Kab. Tana Toraja telah ditemukan Kerangka Jenazah yang berada dalam lokasi kebun kopi yang letaknya sekitar 2 Km dari pemukiman warga.

Atas kejadian tersebut Kapolsek Saluputti AKP Martinus Pararuk dan anggota bersama dengan satuan Reskrim Polres Tana Toraja yang dipimpin Kanit Buser Ipda Iskandar A.,S.H. serta unit Identifikasi menuju TKP penemuan kerangka Jenazah.

Kerangka Jenazah pertama kali ditemukan oleh salah seorang dari kelompok warga yang akan melakukan pembersihan kebun Kopi. Adapun identitas saksi :

1.an. Pr. Martha @ Indo' Abi, Umur 50 Tahun, Agama Kristen, pekerjaan IRT/ tani, Alamat Karappa'  Lembang Palesan

 2. Pr. Albertin Arruan @ Indo' Egi, umur 41 Tahun, Agama Kristen, Pekerjaan IRT/ tani,Alamat Karappa'  Lembang Palesan.

Menurut keterangan saksi (1) bahwa saat akan melakukan pembersihan dikebun kopi melihat/menyaksikan sebuah benda yang hampir sama dengan bentuk bola ( karet bola berwarna putih ) karena penasaran kemudian saksi (2) menghampiri dan mengangkat serta membalikkan posisi benda yang dikiranya Bola namun saat posisi terbalik tersebut kemudian saksi kaget karena benda tersebut menyerupai tengkorak manusia.

Atas penemuan itu kemudian meminta tolong terhadap beberapa rekan yang bersama-sama saksi yang akan berkebun untuk menghubungi kepala Kampung dan aparat terkait. Sesaat kemudian warga kampung dan kepala kampung an.  Baharuddin @ Pa' Uni', 53 Tahun , agama Islam, Alamat Kampung Karappa' Lemb. Palesan menuju ke Lokasi penemuan tersebut.

Setelah kemudian memastikan bahwa benda tersebut adalah tengkorak manusia kemudian para warga berinisiatif untuk melakukan pencarian komponen kerangka/Tulang lainnya disekitar lokasi penemuan awal dan hasilnya sekitar 10 sampai dengan 15 meter dari penemuan tengkorak tersebut yang berada diatasnya terdapat   di 2 ( Dua ) tempat penemuan beberapa rangkaian tulang manusia yang diantaranya masih terbungkus Baju Kaos dan celana Kaos pendek warna biru dan Celana Levis Warna hitam serta sarung. Atas penemuan pakaian tersebut kemudian warga meyakini bahwa kerangka manusia tersebut merupakan salah seorang warga kampung karappa' Lemb. Palesan an. TA'DUNG, Umur 60 Tahun, Agama Kristen, Pekerjaan Tani, Alamat Dusun Karappa' Lemb. Palesan Kec. Rembon Kab. Tana Toraja yang dinyatakan hilang dan meninggalkan rumah sejak tanggal 05 Januari 2020 sekitar pukul 23.00 wita.

Setelah dilakukan olah TKP oleh tim Identifikasi sat. Reskrim Polres Tana Toraja kemudian kerangka jenazah dikumpulkan dan diserahkan ke Pihak Keluarga yang diterima oleh Adik Kandung korban yang selama ini tinggal bersama korban an. Agustina Ma'tang @ Mama' Igel, umur 40 Tahun, Agama Kristen alamat Karappa' Lemb. Palesan Kec. Rembon Kab. Tana Toraja.

Atas kejadian tersebut, pihak keluarga korban membuat surat pernyataan untuk tidak dilakukan Autopsi terhadap Jenazah dan menerima kondisi tersebut dengan ikhlas, pihak keluarga merasa yakin jika kerangka yang ditemukan tersebut adalah  kerangka Jenazah dari anggota keluarga yang selama ini telah dicari. (caverius adi)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar