6 Kecamatan Kembali lagi Menyuarai Pemekaran Wilayah untuk sebuah Kabupaten Baru di Riau


Nusaperdana.com,Siak--6 perwakilan Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Rumbai,Kecamatan Timur, Kecamatan Rumbai Barat,Minas, Tualang dan Kecamatan Kandis, bersatu kembali menyuarakan pemekeran kabupaten yang Bertempat di Gedung Community Minas,Minggu(12/03/2023).

Pertemuan pembahasan wilayah pemekaran yang disuarakan 6 kecamatan, membahas beberapa poin perihal pemekaran.kedepannya dari hasil pertemuan hari ini, para peserta yang hadir di minta untuk memberikan masukan- masukan yang nanti nya akan diagendakan dan dituangkan dalam notulen hasil kesepakatan.

Dalam keterangan Persnya melalui Tokoh dari Kandis Bapak Hendri Pangaribuan menyatakan bahwa ini resmi aspirasi dari para tokoh masyarakat dari 6 kecamantan.

“Pada dasarnya ini semua adalah Aspirasi dari Para Tokoh Masyarakat yang hadir dari perwakilan Kec Kandis,Minas,Tualang dan Rumbai”, ujarnya.

“Kalau untuk 3 Kec yg ada di Kab Siak yakni Kandis,Minas dan Tualang, Pemekaran ini adalah solusi untuk menjawab keterbatasan dana APBD Siak yg selama ini selalu menjadi alasan Pemda Siak dalam hal pemerataan Pembangunan yg sangat timpang dirasakan,”Ujarnya kembali.

“Juga Jarak yang jauh dari Ibu kota Kabupaten Siak banyak usulan pembangunan yg sudah bertahun-tahun diusulkan tidak bisa direalisasikan itu sangat sering kita dengar di tiap-tiap pelaksanaan Musrenbang kecamatan dan Pemda akan selalu menjawab keterbatasan anggaran,” Ungkapnya lagi.

“Sementara kalau kita berjalan ke Prov tetangga Kita Sumbar semua infrastruktur pembangunan sangat baik sementara kita tahu sumber penghasilannya tidaklah sebagus kita, Itu terjadi karena para pemimpin di Sumbar sangat tahu untuk mengkelola Pemerintahan Daerah mereka merestui pemekaran Kab/Kota di tiap-tiap Kab/ Kotanya, sehingga dengan luas wilayah yang tidak seberapa besar bisa maksimal mereka melayani masyarakatnya dan berlomba-lomba merebut dana APBN ke Pemerintah Pusat utk dibawa ke daerahnya masing-masing,”Pungkas Hendri Pangaribuan selaku masyarakat Kandis dan Juga Anggota DPRD Siak.

Hadir dalam pertemuan sejumlah tokoh-tokoh besar perwakilan, Doni Chandra,.SH,.MH anggota DPRD Dapil Kandis, Dapil Minas, Dapil Tualang beserta tokoh masyarakat lembaga adat serta Ormas. Dari Sumatera Barat IKMR H. Marjoni Hendri, Afrizal Chaniago ,Said mahdi,beberapa tokoh dari Rumbai dan masih banyak lagi yang tak bisa kita sebut satu persatu.

Salah satu tokoh Pemuda Rumbai saudara Afrizal Chaniago menyampaikan juga tentang masalah acara yang diadakan di Minas melalui pesan WA nya.

“Kehadiran dan kebersamaan yang kami lakukan pada hari Sabtu ini menyepakati pemekaran suatu wilayah otonomi baru dan selanjutnya kami akan mengidentifikasi dan akan deklarasikan perwakilan seluruh tokoh-tokoh dari Kecamatan, dalam pertemuan tersebut juga disepakati untuk membentuk panitia khusus agar tercapainya visi misi kabupaten atau kota Baru di Riau,”ucap Afrizal masyarakat kecamatan Rumbai.

“Pertemuan yang dihadiri juga para tokoh-tokoh utusan dari 6 kecamatan yang ada, ini adalah wujud kepedulian untuk mempercepat wilayah pemekaran dan untuk mempercepat pembangunan, tak luput secara pribadi saya mengucapkankan terimakasih yang tidak terhingga atas kehadiran dan antusias masyarakat dari 6 kecamatan, kira-kira apa yang kita pencapaian yang dapat diwujudkan atas Ridho Allah SWT,”Pungkasnya.(Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar