Antisipasi Dampak Corona, Ini Skala Prioritas Pembangunan 2021 di Barru


Nusaperdana.com, Barru Sulsel - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru mulai meminta dan menyiapkan berbagai langkah yang harus diprioritaskan untuk tetap memasang pembangunan berjalan di tahun 2021.

Meskipun fokus utama saat ini masih melanjutkan penyebaran Covid-19, namun tidak berarti pembangunan berkelanjutan. Karena itu, demi masa depan kabupaten berjuluk “Kota Hibridah” ini, Pemkab menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2021.

Melalui Video Converence di Barru Smart Information Center (Basic), Senin (13/4/20), Suardi Saleh yang didampingi Wakil Bupati Barru Nasruddin AM, Plh Sekda Abustan, Ketua TP PKK Hasnah Syam, serta Ketua dan Wakil Ketua DPRD bersama berbagai langkah ke sejumlah peserta Musrenbang yang menggunakan aplikasi zoom vidcon.

Para peserta Musrenbang yang diikuti 47 pengguna, yang terdiri dari pimpinan organisasi perangkat daerah, pimpinan unit kerja, camat, perwakilan LSM, LSM, akademisi dan tokoh masyarakat, Suardi

Prioritas itu terbagi menjadi lima. Pertama, Meningkatkan kualitas pelayanan dasar untuk mewujudkan SDK berkualitas, berdaya saing, dan berkarakter. Kedua, percepatan pembangunan infrastruktur dan pemeriksa wilayah dengan memperhatikan keberlanjutan Lingkungan.

Ketiga, Peningkatan nilai tambah peningkatan masyarakat. Keempat, perwujudan keamanan dan ketertiban,
serta menang adalah akselerasi tata kelola dan reformasi birokrasi.

“Kelima prioritas dan arah pembangunan tersebut di atas, harus dilakukan pemfokusan kembali dan penajaman kembali menyelesaikan masalah yang timbul akibat Pandemi COVID 19,” kata Suardi Saleh.

Sebagai contoh, lanjut dia, Meningkatkan
kualitas pelayanan dasar untuk mewujudkan SDM yang berkualitas harus diarahkan pada Peningkatan kualitas tenaga yang di rancang mulai dari hulu sampai hilir. Begitu pun percepatan pembangunan infrastruktur harus disinergikan dengan
Peningkatan nilai tambah pembangunan masyarakat.

"Jika ini bisa dilakukan, maka masalah yang timbul akibat Pandemi COVID 19, bisa kita atasi secara perlahan," tambah Suardi Saleh kepada peserta Musrenbang.

Dalam kesempatan ini, Suardi Saleh juga menyemangati semua pihak, agar demi kelanjutan dan masa depan Barru yang lebih baik, maka capaian sesuai target di tahun 2021 harus tetap diusahakan semaksimal mungkin, pasca-wabah Covid-19 dikunjungi.

"Meskipun di tengah Pandemi COVID 19, kita harus tetap optimis karena hanya dengan optimisme yang kuat kita bisa mencapai target yang telah ditentukan," tutur Suardi Saleh.

Sekadar diketahui, target tertentu yang ditentukan Pemkab Barru di 2021, yaitu target Pendapatan per kapita sebesar Rp. 47.147.498. Target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,98 persen. Target Indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 70,10.
Target Paritas daya beli sebesar Rp10.923.600. Target angka harapan lama sekolah pada sebesar 13,65 tahun.

Target angka rata-rata lama sekolah sebesar 8,12 tahun. Target angka Harapan hidup pada tahun 2021 sebesar 69 tahun. Target persentase jumlah penduduk miskin 8,11 persen. Target tingkat penurunan pengganguran terbuka 5,40 persen

Humas Diskominsta Barru



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar