Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Inhil Rilis Inovasi Pelaporan Kinerja SI CABE-MERAH

Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Umar, H. S.Pt

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merilis produk inovasi berupa sistem pelaporan kinerja yang bernama Sistem Informasi Capaian Kinerja Berkala Menuju Manajemen Efektif dan Terarah (SI CABE-MERAH) dalam proses penilaian kinerja secara berkala di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Umar, H. S.Pt, SI CABE-MERAH merupakan kertas kerja yang disusun secara sistematis menggunakan Microsoft Excel dan dikonversi ke dalam Google Spreadsheet.

Penggunaan kertas kerja SI CABE-MERAH, diungkapkan Umar, bertujuan agar proses penilaian kinerja unit kerja atau bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang diawali dengan dilakukannya pengukuran terhadap realisasi kinerja per triwulan dapat lebih praktis.

"Pengoperasian kertas kerja SI CABE-MERAH ini juga dimaksudkan agar dalam proses pengukuran realisasi kinerja tidak terjadi kesalahan atau berguna untuk meminimalisir kesalahan karena memang sudah diformulasikan terlebih dahulu oleh tim evaluasi yang dibentuk di Bagian Perencanaan dan Keuangan," tutur Umar, Selasa (4/1/2023), Tembilahan.

Dalam pengoperasian kertas kerja SI CABE-MERAH, dikatakan Umar, tim evaluas Bagian Perencanaan dan Keuangan akan dibantuk oleh operator pada masing-masing unit kerja atau bagian sebagai tim teknis.

"Untuk pengumpulan data realisasi kinerja per triwulan, operator unit kerja bertugas untuk melakukan koordinasi kepada seluruh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan atau PPTK. Setelah memperoleh data yang dibutuhkan, maka data tersebut diinput ke dalam kertas kerja SI CABE-MERAH," jelas Umar.

Data yang telah terinput, lanjut Umar, kemudian secara otomatis akan dihitung melalui sistem kerja kerja SI CABE-MERAH. "Hasil perhitungan inilah yang merupakan capaian kinerja yang akan dianalisi oleh tim evaluasi nantinya," kata Umar.

Selanjutnya, Umar mengatakan, melalui penerapan kertas kerja SI CABE-MERAH diharapkan sistem pelaporan kinerja di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dapat berjalan secara optimal.

"Saat pelaporan kinerja telah optimal, maka hal ini tentunya akan memberikan kontribusi positif atas pencapaian Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2018-2023. Dan semoga kontribusi ini dapat pula terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya," tutup Umar.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar