Bupati Bengkalis Buka Bimtek Penerima Bantuan KUBE

Foto Ist

Nusaperdana.com,Pinggir - Bupati Bengkalis Kasmarni berharap keberadaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) mampu memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Demikian harapan itu disampaikan dalam sambutan tertulis Bupati dibacakan Staf Ahli Bupati H. Bustami HY, saat membuka acara Bimtek penerima bantuan KUBE untuk Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau, Kamis 22 Juni 2023, di Aula Kantor Camat Pinggir.

Kasmarni mengatakan, Kelompok Usaha Bersama atau KUBE adalah salah satu pendekatan dalam rangka perberdayaan masyarakat guna menanggulangi kemiskinan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial. Kegiatan pemberdayaan ini meliputi pemberian Bantuan Ekonomi Produktif (UEP), pendampingan dalam merintis dan mengembangkan usaha keterampilan teknis anggota.

Selanjutnya Kasmarni menjelaskan, bimtek ini dilakukan dengan tujuan agar semua pihak berwenang yang terlibat dapat mengetahui, memahami dan mendukung tugas pendamping dalam mendampingi KUBE agar berhasil pengentasan kemiskinan. Sedangkan bimbingan teknis bagi pendamping KUBE dilaksanakan agar pendamping memahami tugas dan fungsinya dengan baik dan benar.

"Kami yakin, apabila seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis dapat mengimplementasikan kegiatan yang tertuang dalam visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, maju dan Sejahtera,"kata Bupati.

Lebih lanjut Kasmarni jelaskan, maju dan sejahtera yang dimaksudkan bagaimana masyarakat Kabupaten Bengkalis terpenuhi dengan ketahanan materil dan spiritual. Dengan ditunjukkan oleh peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan serta pertumbuhan ekonomi disertai dengan makin tinggi dan meratanya tingkat pendapatan masyarakat.

Kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau serta tenaga pendamping, Bupati pesankan untuk dapat melaksanakan pengawasan masing masing KUBE. Sehingga KUBE, bisa menghasilkan pendapatan yang lebih baik, bisa menopang kehidupan keluarga yang lebih baik, dan bisa meningkatkan  kesejahteraannya.

Selanjutnya kepada dinas teknis, diminta tinjau dan berikan bimbingan teknis kepada masing masing KUBE. Kepada TKSK pendamping agar terus memotivasi mereka serta lakukan pengawasan hingga mereka berhasil.

Kemudian tambahkan mantan Camat Pinggir itu, kepada masing-masing KUBE yang mendapat bantuan, berharap bisa memberi kesempatan berusaha kepada keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah untuk memiliki usaha serta memperoleh pendapatan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Selain itu, diharapkan kepada anggota KUBE mampu untuk mandiri secara finansial, sehingga bantuan kube dapat dialihkan kepada masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah yang lainnya.

Turut hadir, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis beserta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas serta Fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan narasumber Bimtek Yuniar Wiratama Ningrum.**

 

 

Putra/Inf



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar