Bupati Bengkalis Buka Pembekalan Penyuluh Agama Islam Da'i Desa/Kelurahan

Foto Ist

Nusaperdana.com,Duri -- Bupati Bengkalis Kasmarni berharap melalui kegiatan pembekalan penggiat/penyuluh agama Islam dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan kapasitas dan kapabilitas para Da'i desa/kelurahan serta koordinator kecamatan rayon I Kabupaten Bengkalis dalam menjalankan peran dan fungsinya.

Harapan itu disampaikan saat membuka acara pembekalan penggiat/penyuluh agama Islam Da'i desa/kelurahan serta koordinator kecamatan rayon I Kabupaten Bengkalis, Rabu 21 Juni 2023, bertempat di Hotel Surya Duri.

Dalam arahan tertulis Bupati Bengkalis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Toharuddin mengatakan, selain meningkatkan ilmu pengetahuan para penyuluh agama Islam, melalui pembekalan ini, para Da'i dan koordinator kecamatan diminta untuk dapat lebih memahami tanggung jawabnya dalam pelaksanaan tugas di lapangan, memahami fokus dan arah yang perlu dilakukan sebagai penggiat/penyuluh agama Islam serta memperteguh komitmen para penggiat/penyuluh dalam pelaksanaan tugas sesuai arah serta koridor yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu tegas Kasmarni, para penggiat/penyuluh setelah mengikuti pembekalan ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi, sehingga internalisasi dari nilai visi misi serta program pemerintah daerah dapat diterjemahkan, dengan melahirkan program kegiatan penyuluhan yang lebih terarah, terukur, sistematis dan akuntabel.

"Karena keberadaan bapak/ibu bagian dari program unggulan daerah, tentunya kami berharap para penggiat/penyuluh dapat berperan aktif dalam pembangunan di negeri ini, khususnya di bidang keagamaan dan pembangunan, dengan memberikan pencerahan agama serta informasi-informasi pembangunan kepada masyarakat, sehingga masyarakat kita memiliki pengetahuan, sekaligus dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaannya, dalam mendukung tercapainya visi "mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermasa,"ujarnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis berjuluk Negeri Junjungan ini, tegaskan keberadaan para Da'i desa/kelurahan ini, benar-benar menjadi sumber informatif, sumber edukatif, sumber advokatif serta sumber konsultatif ummat, sekaligus sebagai corong informasi, dalam menunjang visi dan misi serta kegiatan pemerintah daerah, sehingga tersampaikan ditengah-tengah masyarakat.

Kemudian ikut berperan aktif dalam meredam serta menyelesaikan setiap permasalahan ummat, dengan meredam konflik, isu-isu miring atau berita hoaks, yang dapat meruntuhkan tali ukhuwah, rasa persatuan dan kesatuan ummat.

"Kami minta kedepannya kinerja dan keberadaan sebagai penggiat/penyuluh akan lebih terarah dan terstruktur. Sehingga keberadaan bapak/ibu benar-benar diketahui serta memberi manfaat besar bagi daerah dan masyarakat. Jadikan semua ini sebagai catatan, untuk dibenahi dan ditingkatkan. Ingat, yang kami butuhkan kinerja dan komitmen bapak/ibu semua,"tegas Bupati.

Terlihat hadir, Kakan Kemenag Bengkalis H. Khaidir, Ketua MUI Bengkalis H. Amrizal, Ketua Baznas Bengkalis H. Ismail, Kasi PMD Kecamatan Mandau M. Faizal serta seluruh Kepala Desa/Lurah Rayon I Kabupaten Bengkalis.**

 

 

Putra/Inf



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar