Bupati Buka Rakor Pengisian Survei Indeks ETPD Se-Provinsi Riau

Foto Ist

Nusaperdana.com,Bengkalis - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H. Bustami HY menghadiri Rapat Koordinasi Pengisian Survei Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Se-Provinsi Riau, bertempat di Ruang Rapat Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis (Bapenda), Selasa (29/6/2023).

Rapat koordinasi dihadiri langsung oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Achmad Darimy dan Kepala Bapenda Kabupaten Bengkalis Syahruddin serta para peserta Rakor dari Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau.

Dalam sambutannya Bustami HY menyampaikan merujuk Amanat Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) dan pasal 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi dan Kabupaten/Kota, diharuskan melakukan pengisian indeks ETPD.

"Karena indeks ETPD merupakan salah satu instrument untuk dapat melakukan pemetaan, serta memonitor perkembangan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dan mengukur perbandingan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah di suatu daerah relative terhadap daerah lainnya," jelas Bustami.

Selanjutnya Bustami berharap melalui fasilitas-fasilitas transaksi pembayaran yang telah disiapkan, dengan maksud selain untuk memberikan kemudahan, juga dapat digunakan untuk merubah transaksi pendapatan dan belanja daerah, yang selama ini menggunakan cara tunai menjadi non tunai berbasis digital, dengan tujuan guna meningkatkan transparansi transaksi pemerintah daerah, sehingga dapat mengurangi kebocoran pada sisi pendapatan daerah serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada sisi belanja daerah.

"Kepada seluruh peserta pengisian survei indeks ETPD Se-Provinsi Riau, dapat memanfaatkan sebaik-baiknya moment ini agar apa yang kita kerjakan pada hari ini dapat memberikan data yang terbaik untuk daerah kita masing-masing sehingga apa yang menjadi harapan dan tujuan dari kita ber-ETPD dapat tercapai dan daerah kita menjadi daerah yang berbasis digital," harap Bustami.**


Putra/Inf



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar